SERTIFIKASI DOSEN 2011 ____paperless & ONLINE !!!


SERTIFIKASI DOSEN 2011 ____paperless & ONLINE !!!

serdos.dikti.go.id
Bagi Anda para dosen yang telah mendapatkan sertifikasi profesional sebelum tahun 2011, SELAMAT !!!, karena telah menikmati tunjangan profesi tersebut. Tapi, bagi dosen yang masuk daftar eligible dan terangkut di kloter Juli 2011, saat ini pasti sedang atau sudah berjumpalitan dengan model pengisian yang dilakukan secara online, sampai batas waktu 31 Juli nanti. Tentunya setiap harinya, sempat melototi pangkalan http://serdos.dikti.go.id, ini:

Memang telah terjadi perubahan sistem secara fundamental. Sistemnya terintegrasi mulai dari proses penetapan calon peserta, proses penyusunan berkas portofolio, proses penilaian berkas portofolio, pengelolaan hasil penilaian berkas portofolio, dan sistem monitoring dan evaluasi, yang sebelumnya dilakukan secara konvensional, semuanya dilakukan secara online. Dengan ONLINE prosesnya tidak menggunakan kertas samasekali (paperless, kecuali saat nge-print lembar pengesahan, itupun di-scan dan diupload jadi data digital lagi). Ada gurauan dari panitia PTU, ‘jaman sekarang kalau masih ada dosen gaptek, inilah saatnya sedikit belajar’, Hehe…

Data eligible
Jadi, calon peserta sertifikasi dosen tahun 2011 diambil dari master data Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT), yang dalam hal ini difasilitasi melalui situs evaluasi.dikti.go.id, yang telah diverifikasi dan divalidasi oleh setiap perguruan tinggi. Calon peserta yang eligible diranking secara nasional yang didasarkan pada data dasar pada master data dosen di PDPT. Nah lo, ini yang juga berefek pada beberapa rekan yang tidak sempat memantau data dirinya, sehingga tidak masuk di daftar eligible untuk sertifikasi juli 2011, masih bisa sertifikasi di september 2011, asal juga sudah entry datanya sebelum 20 Juli, kemarin.

Bagi dosen yang familiar dengan teknologi internet saja, (tentu tidak terlalu repot) hanya dengan sedikit beradaptasi dan berhati-hati pada prosedurnya,insya Allah lancar. Tapi bagi rekan-rekan dosen yang tidak begitu familiar tentu kebat-kebit juga. Apalagi ada tombol ‘maut’ –validasi–, mengintai. Tanpa sengaja menekan itu, karena mousenya bergeser aktif, atau sekedar coba-coba bisa menyebabkan, FATAL. Makanya harus dicermati seluruh isian, cermati setiap ada verifikasi, dengan pilihan ‘YA’ or ‘TIDAK’, karena itu menentukan langkah anda mendapatkan sertifikat. Untuk serdos, jangan coba-coba !!!’

Tugas dan Wewenang peserta (DYS)
Saya sendiri juga jadi peserta (DYS, dosen yang bersangkutan) di juli 2011 ini, dan sudah validasi semua proses yang ada. Tetapi apakah saya akan lulus dan tersertifikasi di Agustus nanti? Belum tentu, karena tugas dan kewenangan saya, atau rekan-rekan DYS atau yang akan menjadi peserta terbatas hanya pada proses penyusunan berkas portofolio, yaitu :
1. Melengkapi data isian berupa Curriculum Vittae (CV)
2. Melengkapi dan memvalidasi Biodata
3. Mengunggah Pas Foto diri untuk keperluan sertifikat
4. Melakukan penilaian Penilaian Persepsional Diri
5. Menyusun dan menuliskan dokumen/narasi Deskripsi Diri
6. Mengunggah (upload) Lembar Pengesahan Dokumen Portofolio

Intinya, mengisi dengan jujur dan benar. Jujur berarti tidak mengada-ada, dan benar berarti mengikuti prosedur entri data sesuai dengan petunjuknya. Itu saja.

Mengenai nilai kejujuran dan kebenaran dari isian kita, itu menjadi tugas dan wewenang Asesor dari Perguruan tinggi Penilai Sertifikasi (PTPS), yang beliau-beliau-nya, DYS tidak punya akses untuk tahu.
Selain sudah ada sosialisasi dari Perguruan Tinggi Pengusul (PTU), kalau di UNDANA adalah oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal (LPMAI), admin serdos dikti juga menyediakan panduannya, yang dapat anda download di pangkalan serdos.dikti.go.id. Perhatikan pada jendela paling kanan ada link Download, kliklah , maka anda akan mendapatkan file Panduan_admin_serdos_2011_PESERTA_v20 (10 juni 2011)

Baca dan cermati petunjukknya dengan baik, setelah selesai kita hanya berdo’a pada Allah semoga apa yang kita isikan benar, dan memenuhi syarat untuk mendapat sertifikasi dosen di tahun ini. Kalaupun belum lulus, berarti belum rejeki kita, dan tetaplah berusaha menjadi dosen yang profesional…walau tidak mendapat tunjangannya… hehe [ :) dan :( ].

Pada tulisan berikut, saya akan coba ringkaskan pengalaman pengisian yang telah saya lakukan dan berbagai hal yang bisa terjadi selama pengisian terkait dengan sistem online.

SELAMAT BERJUANG !!!

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Tulisan ini dipublikasikan di as CIVITAS dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke SERTIFIKASI DOSEN 2011 ____paperless & ONLINE !!!

  1. Anonymous berkata:

    sertifikasi bukan meningkatkan kualitas atau profesinalisme, tapi meningkatkan kecemburuan

  2. cindy dwi berkata:

    kalo kita klik linknya tapi gabisa gimana? yang ada malah blank. trus kalo ga isi gimana?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s