Petunjuk Ringkas Entri Data ONLINE pada serdos.dikti.go.id__01


Panduan 01___Hal yang sebaiknya Anda Perhatikan dan Persiapkan Dulu

Ada pengumuman baru di serdos.dikti.go.id !!! Proses entry online-nya yang semula harus sudah selesai sebelum 31 Juli, diundur sampai 1 agustus jam 23.59.59 WIB, atau bagi yang berdomisili di kupang NTT, sepertiq bisa sampai awal tanggal 2 agustus yaitu jam 00.59.59 WITA. Pengumumannya ada di halaman muka, tampak seperti gambar !

Sekedar guyonan, alhamdulillah aq sudah selesai sebelum Ramadhan, dan Insya Allah yang menjadi tugas dan kewenangan DYS sudah diisikan semua. Kenapa? Hehe, bayangkan puasa-puasa harus cerita narsis, kehebatan diri sendiri, ampunkan DYS ya Allah, bisa sia-sia semua. Hehe… Dan PTPS sepertinya belum mengirimkan karena statusnya masih “portofolio siap diajukan”. Tinggal berdo’a.

Sempat aq catat sampai jam 17.10 sore (minggu 24 juli) total pengunjung serdos.dikti.go.id sudah mencapai 807.038 tamu, dan saat jam tersebut traffic onlinenya ada 562 akun, dan barusan aq cek saat menulis di blog ini ( jum’at jam 13.30) total pengunjung 1.341.314, sedang yang online ada 1282 akun.

Sebelum aq menuliskan panduan ringkasnya, ada baiknya beberapa hal anda (sebagai DYS) perhatikan dan persiapkan dulu, yaitu :
–> 1. Kalau anda sudah mendapatkan akun (username dan password), cobalah login dengan akun tersebut di serdos.dikti.go.id. Perhatikan betul saat menuliskan password, karena merupakan kombinasi alphanumerik (huruf dan angka). Perhatikan juga huruf kapital/tidak.
–> 2. Jika gagal login, kemungkinannya pertama adalah anda salah entri, berarti harus cek-lagi dan cek lagi !! Jika masih gagal lakukan langkah (3)
–> 3. Online di jaringan internet cepat, karena kemungkinan jaringan yang anda gunakan lambat, contohnya seperti menggunakan flash modem. Solusi yang paling baik adalah gunakan warnet yang cepat, mengapa? karena pada saat yang bersamaan ada ratusan bahkan ribuan akun yang mencoba online ke satu kanal yaitu serdos.dikti.go.id.

–> 4. Anda bisa coba gunakan flash modem, terutama di malam hari dan jika bisa terkoneksi dan masuk di kanal serdos, kerjakan untuk proses kirim data yang ukurannya kecil, seeprti mengedit CV, biodata, penilaian persepsional diri atau narasi deskripsi diri. Jaringan flash modem biasanya tidak stabil, sehingga untuk upload pas photo atau lembar pengesahan, yang berukuran lebih dari 100 kB, biasanya memakan waktu lama bahkan cenderung gagal.
–> 5. Jika langkah (3) tetap gagal, hubungi panitia PTPS anda. Kalau di UNDANA aq akan menghubungi pak Hendro sebagai contact person panitia di Lembaga Penjaminan Mutu dan Audit Internal (LPMAI).
–> 6. Jika langkah (3) berhasil, lebih baik anda lihat-lihat dulu semua form yang harus diisi, kalau perlu save page-nya, sehingga anda akan bisa mencermati kembali dan mempersiapkan data-data (secara detail) yang harus dientry-kan secara offline. Ini langkah yang terbaik !!!
–> 7. Data yang anda persiapkan lebih baik dalam format word. Pada saat anda copy-pastekan ke kolom isian, formatnya mirip dengan format word, tapi saat anda simpan format akan berubah seperti non format. Biarkan !!! jangan diedit, apalagi menambahkan tag-tag html, karena sesungguhnya, sistemnya tidak menganut wyswyg (wisiwig), what you see what you get. Dan terutama di deskripsi diri, tidak bisa meng-copy kan tabel atau menambahkan pic. Khan narasi, intinya…
–> 8. Anda juga bisa entry online sambil mikir, tapi itu tidak disarankan. Kalau kelelahan dan konsentrasi turun, bisa-bisa anda menekan tombol validasi, padahal data belum lengkap dan masih perlu diperbaharui lagi. bisa berabe khan?
–> 9. Data-data yang perlu dipersiapkan tersebut meliputi :
[a] Data riwayat hidup (CV) sebagai bahan penyusunan portofolio deskripsi diri, meliputi riwayat pendidikan, pelatihan profesional, pengalaman mengajar, produk bahan ajar, riwayat penelitian, riwayat karya ilmiah, pertemuan ilmiah, penghargaan, riwayat pengabdian, riwayat jabatan, dan peran di kegiatan kemahasiswaan. [b] Biodata pribadi sebagai peserta yang meliputi data diri, data riwayat pendidikan, data bidang ilmu yang dikaji, dan data kepangkatan/jabatan fungsional.
–> 10. Jangan berambisi untuk sekali atau dua kali entry beres semua. Kalau anda sudah berproses dalam entry data, simpan setiap kali anda melakukan perubahan/penambahan data, sabar dan jangan gegabah untuk memvalidasi, karena validasi artinya data anda sudah anda nyatakan ‘beres’ dan tidak memungkinkan untuk melakukan perubahan lagi.
–> 11. Jika entry data di Warnet, jangan lupa logout ketika meninggalkan komputer, siapa tahu ada yang jahil merubah password anda atau melecehkan data-data anda, atau bahkan memvalidasi data yang anda simpan. Jangan memperlihatkan akun anda pada orang lain apalagi menuliskan di suara anda, hehe… sama saja itu mengundang maling !!!
–> 12. Yang, terakhir. Mungkin anda akan begadang dan kerja lembur… jadi lebih baik, jaga kesehatan !!!

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Tulisan ini dipublikasikan di as CIVITAS dan tag , , , , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Petunjuk Ringkas Entri Data ONLINE pada serdos.dikti.go.id__01

  1. m. asman berkata:

    assalamualaikum, mohon bantuannya pak… kalau kita lupa password login ke akun kita gimana ya caranya pak, terimakasih sebelumnya

  2. Anonymous berkata:

    asslamualaikum. Bagaimana memulai langkah dalam serdos dikti 2013?

  3. Eri samah berkata:

    Memang serdos tdk adil ada yg sdh menikmati skrg sementara ada yg blm apa lagi sdg s3 pada hal ia tetap mengajar tp tdk bisa serdos. Ada yg sdh pensiun di instalasi lain tp bisa serdos di dikti.

  4. alifis berkata:

    iya, syaratnya harus sudah S2, dan minimal asisten ahli. Tapi pada serdos gelombang II 2011, ada indikasi yang fungsionalnya minimal lektor, kayaknya…

  5. adyfatoni berkata:

    yg sdh ada NIDN tp blom lulus s2 hrs lulus dulu kah

  6. alifis berkata:

    Ya, aq bisa memahami ‘kegalauan’ anda. Semoga serdos sistem online ini semakin disempurnakan, dan rekan2 bisa mengikuti pedoman dan prosedurnya dengan baik.

  7. Apa itu serdos, serdos cuman akal-akalan petinggi DIKTI saja untuk nambah Job supaya punya kesibukan untuk mengerjain Dosen2 di PTN. Menurut saya serdos tidak ada efek terhadap peningkatan mutu pendidikan dan kesejahtraan Dosen. Apalagi ada yang sudah lama menikmati ada kacian banget belum menikmati apa2. Mana syaratnya singa-singa lagi ada verifikasi ada kemirifan singa-singalah. Serdos tidak adil yang ada kesenjangan. Assesor, ahli bahasa dan lain-lain sok jago saja cuman periksa berkas doang, hasilnya yang disertivikasi rata2 pelawak, pembohong. Ingat banyak berkas tidak sesuai di Lapangan. Ahhhhh Bodo Amat. Mikirin serdos. Apaan Tuuuuuuu…..
    Yang ada cuman gunturnya. Tidak perna hujan.

  8. alifis berkata:

    mungkin secepatnya, krn menurut jadwal pengumuman kelulusan minggu ke-dua agustus, demikian juga pembuatan dan pengiriman sertifikat, sedangkan kompilasi data di dikti minggu ke-tiga. semoga lulus ya…

  9. Yuhanis berkata:

    Pak, hari ini sudah tanggal 14 agustus 2011. di info penting serdos hari ini batas akhir penilaian dan yudicium peserta serdos. jadi kapan pak pengumuman hasil/ kelulusan serdos ? tks pak

  10. alifis berkata:

    user name dan password akan dikasihkan kalau Bapak/Ibu sudah masuk dlm daftar kuota PTPS yang diambil dari daftar eligible. Di september ini, kabarnya ada tahap II, Bapak/Ibu harus sudah memastikan namanya masuk di daftar.

  11. anderias anabuni berkata:

    pak gmn yah kami susah sekali karna kami lum dapat
    username dan password dari panitia serdos 2011

  12. alifis berkata:

    status akan berubah jadi ‘portofolio siap dinilai…’ jika sudah divalidasi oleh PTPS Universitas Bapak. Artinya, PTPS sudah melihat portofolio Bapak sudah lengkap dan siap dinilai. Tanggal 2 Agstus kemarin, mungkin semua PTPS sudah memproses itu…karena menurut schedule di buku1 awal agustus sudah dinilai.

  13. dutho berkata:

    pak sampai kapan status portofolio siap diajukan berubah ya?.. tadi saya cek tempat saya kok masih portofolio siap diajukan..trims…apakah ada perintah tambahan setelah kita validasi semua n upload pengesahan? atau kita tunggu dari PT nya? trims pak

  14. alifis berkata:

    masukx tetap antri…tapi lebih cepat jika pake jaringan yg cepat, atau kalau laptop pribadi save saja password, biar tiap kali masuk tdk repot2 lg..

  15. Anonymous berkata:

    ya semua ya pada s[buk dpdepan laptop utk masukan data

  16. riski berkata:

    pak ko susah yach sekarang masuk web serdos.dikti.go.id
    ada g cara buat masuk web tersebut dengan cepat?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s