Tugas Mandiri 01 Fisika Komputasi


1) Jumlah bahan radioaktif yang berada di dalam reaktor tertutup diukur dalam konsentrasi c (becquerel/liter atau Bq/L). Laju peluruhan bahan= -kc, dimana k=konstanta dengan satuan 1/(hari), dengan hubungan: dc=-kc dt. Dengan komputasi numerik hitunglah konsentrasi bahan radioaktif dari t=0 sampai 4 hari, dengan k=0,1  (1/hari). Gunakan lebar langkah dt=0,1. Konsentrasi bahan pada radioaktif pada t=0 adalah 10 Bq/L. petunjuk: (1) Turunkan rumus iteratifnya, (2) Beri contoh hitungan analitiknya, (3) sertakan hitungan formulasi iteratifnya dengan Microsoft Excell dan Plotting hasilnya-nya, dan (4) Analisis !

2) Andaikan P(x)=((x^3–3x^2)+3x)–1 dan Q(x)=((x–3) x + 3) x – 1, gunakan pembulatan 3 angka desimal untuk menghitung pendekatan pada x=2,19. Bandingkan dengan nilai sebenarnya P(2,19)= Q(2,19) = 1,685159 petunjuk: (1) Hitung secara analitik , (2) Beri penjelasan hasil perbandingannya terkait dengan ketelitian, error-nya dan pendekatan formula yang lebih baik, dan (3) sertakan plot grafik persamaan P dan Q untuk 0 < x < 3, yang memang menunjukkan adanya perbedaan ketelitian sampai 3 angka desimal menggunakan software yang bisa digunakan untuk Plotting grafik (Boleh pake Excell, SigmaPlot, CurveExpert, Matlab, Mathematica dll – mana yang lebih dikuasai🙂 )

board1

Dikumpulkan paling lambat tanggal 02 Maret 2009, dalam format rtf (rich text format) atau pdf (permanent document format), atau tulisan tangan. Ingat: Kerja Mandiri, silahkan berdiskusi dan tukar-fikiran untuk mencari solusi sebelum dituangkan dalam lember kerja, tetapi tidak ditolerir untuk hasil pekerjaan dengan alur yang sama persis, ada bagian-bagian yang merupakan buah jiplakan atau contekan.

By Ali Warsito,S.Si.,M.Si [ Alifis.wordpress.com]

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Tugas Matakuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s