Tugas Mandiri 03 Fisika Komputasi


Tugas Mandiri 03 Fisika Komputasi

1) Tegangan E= E(t) dalam rangkaian listrik memenuhi persamaan E(t)=L(dI/dt) + R I(t), dengan R hambatan dan L induktansi. Gunakan L=0,05 dan R=2 dan nilai-nilai untuk I ada dalam tabel berikut:
tabel
[a] Carilah I’(1,2) menggunakan diferensiasi numerik, dan gunakan hasilnya untuk menghitung E(1,2)
[b] Bandingkan jawaban [a] dengan I(t)=10 exp(-t/10)sin(2t)
2) Andaikan f(x)=ln x, carilah pendekatan komputasi numerik untuk f”(5) dengan menggunakan:
[a] formula orde O(h^2) dengan h=0,05 dan 0,01
[b] formula orde O(h^4) dengan h=0,01
3) Tanki kanonik berisi air dengan ketinggian 0,5m dari dasar. Tanki memiliki lobang dengan radius 0,02m pada dasarnya. Radius tanki dalam y diberikan oleh r=0,25y, dimana r adalah radius dan y adalah ketinggian yang diukur dari dasar tanki. Kecepatan air yang mengalir melalui lubang diberikan oleh v^2=2gy dimana g=9,8 m/det^2. Menggunakan metode Euler ( gunakan h=0,001 detik), tentukan berapa menit tanki menjadi kosong.
4) Hitunglah y(2) untuk persamaan berikut dengan metode Runge Kutta orde pertama, dengan h=1.
y’=-{y/(t+y^2)}, y(0)=1

Dikumpulkan paling lambat tanggal 25 Mei 2009, dalam format rtf (rich text format) atau pdf (permanent document format), atau tulisan tangan.
Ingat: Kerja Mandiri, silahkan berdiskusi dan tukar-fikiran untuk mencari solusi sebelum dituangkan dalam lember kerja, tetapi tidak ditolerir untuk hasil pekerjaan dengan alur yang sama persis, ada bagian-bagian yang merupakan buah jiplakan atau contekan.
board1

By Ali Warsito,S.Si.,M.Si
Remah2ilmu
Alifis.wordpress.com

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Tugas Matakuliah. Tandai permalink.

5 Balasan ke Tugas Mandiri 03 Fisika Komputasi

  1. iwan berkata:

    siang boss
    ada mklh tntng bio enrgie ga” klo bleh mnta jg link nya
    mksh sblumnya

  2. Anonim berkata:

    ada mklah tntang komputasi ndak????????????????
    heeeeee

  3. Kostan D.F. Mataubenu berkata:

    1.model deterministik dalam fisika komputasi adalah suatu model bersifat pasti yang tidak mengandung keragu-raguan berkaitan dengan sebab dan akibatnya. Model ini pada umumnya berupa pernyataan matematika yang dijabarkan dari hukum-hukum alam seperti hukum kekekalan energi dan momentum. Sedangkan model nondeterministik adalah suatu model yang tidak memiliki kelengkapan informasi, seperti tidak tersedianya rumusn matematika yang memadai, sehingga biasanya untuk menjelaskan model seperti ini menggunakan konsep peluang atau probabilitas.
    2. menurut saya produktif atau tidak produktifnya flowchart bergantung pada orang yang melakukan pemrograman. Jika orang tersebut sudah ahli dalam bidang pemrograman maka flowchart bisa tidak digunakan karena orang tersebut dapat mendefinisikan alur pemrograman dalam otak, sedangkan bagi pemula flowchart sangat penting karena dpat menuntun orang tersebut untuk melakukan pemrograman terutama dapat membantu pemrogram dalam mengerjakan alur pemrograman.

    3. Model gerak parabola dapat dikaitkan dengan model non-linear karena ersamaan geraknya berupa persamaan yang bukan persamaan linear, tapi berupa persamaan kuadratik. sehingga lintasan yang ditempuhpun berbentuk parabola. gerakan parabolapun jika dibahas secara matematik juga merupakan model syarat awal atau batas awal, dalam hal ini berkaitan dengan kecepatan awal yang diberikan ataupun besarna waktu. Model gerak parabola juga dapat berupa model ODE, dalam fhal penyelesaiannya secara numerik.

    4. penyelesaian suatu kasus dengan metode Newton Raphson memang membutuhkan suatu fungsi yang mempunyai turunan. Namun dalam kenyataannya setiap fungsi kasus yang akan diselesaikan pada umumnya mempunyai turunan yang dapat diturunkan, jadi menurut saya tidak ada. Karena setiap fungsi yang akan diselesaikan pasti mempunyai turunan variabel tertentu dan justru karena variabel tersebut yang menjadi objek masalah yang harus diselesikan yang dinamakan dengan suatu fungsi.

  4. alifis berkata:

    analitiknya, lebih terkait pada kecepatan aliran di lobang v^2=2gy dengan debit! Volume air kan dapat dicari. Gitu !! Lihat fisika dasar di mekanika fluida.🙂

  5. Connielia J.Huma berkata:

    Pak saya mau tanya mengenai soal 4 bagaimana cara untuk menentukan solusi analitiknya?
    Makasih sebelumnya pak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s