Anti Mati Gaya


Refleksi Hari Kebangkitan Nasional & Anti Mati Gaya
picture-11
3 Memang Anti Mati Gaya. Beruntunglah user yang ada di belahan indonesia yang sudah terlayani 3. Produk yang terkenal dengan iklannya yang ber-dialek ‘AGUS IKI‘ saat nelpon Obama, memberikan fasilitas YM via SMS dengan berlangganan 10 rb/bulan. Orang lugu-pun tahu kalo dihitung-hitung abis 333,333 rupiah /hari-nya dan bisa ber-YM’an sepuasnya, disamping ID YM bisa selalu online.
Apalagi 3 memberikan fasilitas facebook via SMS & MMS pertama kali di Indonesia cuma 5 rb/bulan. Mau? Hebatnya, gak perlu pake hape yang canggih-canggih amat tetep bisa YM’an & fesbuk’an. Siemens A31, Nokia 8250 monokrom-pun masih bisa. Gilee nggak? Cuocook sudah dengan slogannya: ‘Pokok’e Online‘, ‘Murah‘ , ‘Bangkit dan akhiri kebosananmu’ serta yang ngetrend ‘Anti Mati Gaya‘.

Aq gak akan membahas lebih jauh tentang 3 dan teknologinya, yang lebih menarik saat ini, – hari ini 20 mei 2009 , tepat 101 tahun momen kebangkitan nasional qt – adalah slogannya itu lho🙂, ‘Bangkit dan Akhiri Kebosananmu‘ serta ‘Anti Mati Gaya‘.

Hari kebangkitan nasional hari ini disambut kabar duka dengan jatuhnya pesawat Hercules di Magetan Madiun yang menewaskan prajurit-prajurit negara serta warga sipil.
Selamat jalan pahlawan… Apakah ini Mati Gaya? Tidakkk. Xtra Pole Mix dapat merasakan kesedihan keluarga, anak bangsa dengan segala keterbatasannya… keterbatasan anggaran pemeliharaan pesawat militer, keterbatasan kebijakan pengambil keputusan yang dituntut mengentaskan perekonomian… dibarengi dinamika politik yang terus memanas dengan label-label neoliberalisme, jargon bisnis masuk istana dan lain-lain…Apa yang salah dengan hari kebangkitan nasional ini?
gombloh1
Menurut almarhum Gombloh, nasionalisme dan patriotisme berangkat dari keprihatinan, bukan kegenitan, bukan pula kemarahan. Jadi dengan segala peristiwa tersebut ya.. prihatin😦. Bukan lalu pasrah, kecewa ataupun marah !! Tapi Bangkitlah !!!

Lalu apa artinya kebangkitan nasional yang membuat harinya ditandai merah sebagai libur resmi???
Mungkin iya untuk SBY yang hari ini menandai kebangkitan era penyiaran & multimedia berbasis digital di Indonesia? Atau kebosanan anak sekolah yang sudah berakhir ketika tidak ada (paksaan??) upacara lagi di lapangan dan tidak perlu lagi berpanas-panasan? Sesuai betul dengan slogan ‘Bangkit dan Akhiri Kebosananmu’ trus mereka bisa bilang ‘Anti Mati Gaya’…
Ya, parameter identifikasi nasionalisme sekarang juga tidak jelas lagi ya?
Tapi kalau qt mencoba refleksi di era sebelumnya, boleh qt sedikit terperanjat dan bengong! Masih ingat dengan lirik lagu berikut ini??

Indonesia …merah darahku, putih tulangku, bersatu dalam semangatmu
Indonesia …debar jantungku, getar nadiku, berbaur dalam angan-anganmu
kebyar-kebyar, pelangi jingga
biarpun bumi bergoncang, kau tetap Indonesiaku
andaikan matahari terbit dari barat, kaupun tetap Indonesiaku
tak sebilah pedang yang tajam, dapat palingkan daku darimu
kusingsingkan lengan, rawe-rawe rantas, malang-malang tuntas, denganmu …
Indonesia …
nada laguku, symphoni perteguh, selaras dengan symphonimu

itu adalah lirik lagu Kebyar-Kebyar ciptaan almarhum Gombloh yang sepertinya sudah menjadi suguhan wajib pada setiap even-even kebangsaan, berdamping sejajar dengan lagu-lagu nasional karya komponis legendaris Indonesia.
Dan kalau mengingat sosok seorang Gombloh yang berpenampilan lugu, kumal, nyentrik, serta alakadarnya dalam berpenampilan dan bertutur, tetapi menyimpan kekuatan bermusik yang betul-betul dahsyat. Syair-syair nasionalismenya bisa membikin kuduk merinding, meresapi semangat bertanah-air. Selain Kebyar-Kebyar, Gombloh mencipta banyak tembang nasionalisme lainnya seperti Berita Cuaca, Kami Anak Negeri Ini, Kadar Bangsaku, Pesan Buat Negeriku, Terimakasih Indonesiaku, Dewa Ruci, Indonesia Kami, Gugur-Gugur Bunga, hingga lagu persembahan untuk Presiden RI Pertama, Soekarno, dengan judul BK. Ada dua lagu Gombloh yang abadi, yaitu: Kebyar-Kebyardan & Hong Wilaheng Sekareng Bawono LanggengKedua lagu itu bukan saja dikenal secara nasional namun sampai level dunia! Kedua lagu ini bahkan diteliti pengamat musik yang berpusat di USA untuk dikategorikan sebagai jenis musik apa. Terakhir yang saya baca para pengamat itu belum berhasil memutuskannya, dan kedua lagu tersebut dimasukkan ke dalam museum musik di USA.
gombloh_antimon_gombloh
Inilah sosok anak bangsa yang lebih tepat kalau qt beri label ‘Anti Mati Gaya’. Buktinya sudah ada monumennya yang menandai Gaya-nya tidak pernah mati.

Bukan sperti anak jaman sekarang yang petentang-petenteng memamerkan hape terbarunya dengan head set yang tak pernah lepas dari telinga! Bikin tuli dan tidak peka tahuu… orang kesehatan bilang hearing loss, hehehe…Atau memang jaman sudah berubah dan itulah cerminan ‘Anti Mati Gaya’ di era sekarang??? Hehe tambah bingung ya?

Nah, Bagaimana nasionalisme anak muda sekarang? Masihkah rasa itu lekat di dada?
Keragu-raguan itu sering menjadi polemik di media-media lokal dan nasional. Dan tidak ada parameter yang jelas untuk menilainya. Kalau jaman sekarang adalah jamannya YM, facebook, nge-blog, dan produk teknologi lainnya yang notabene adalah teknologi yang tidak lagi dibatasi oleh batas-batas wilayah kenegaraan, ya wajar kemudian nasionalisme jadi tidak menggema dan seremonial upacara hari kebangkitan jadi tidak ada lagi !
Ya… Slamat hari liburku yang sepi berlalu tanpa rasa nasionalisme… atau rasa itu sudah luntur… semoga tidak !!! Semoga tetap lekat seperti secuil patriotisme almarhum Gombloh,

Indonesia …merah darahku, putih tulangku, bersatu dalam semangatmu
Indonesia …debar jantungku, getar nadiku, berbaur dalam angan-anganmu
biarpun bumi bergoncang, kau tetap Indonesiaku
andaikan matahari terbit dari barat, kaupun tetap Indonesiaku
tak sebilah pedang yang tajam, dapat palingkan daku darimu

Indonesia, semoga lebih baik. Amin.

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di aQ berPole-MIX. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Anti Mati Gaya

  1. nico berkata:

    aloo mas salam kenal saya anak unud fisika angk’99. silahkan mampir2x ke blog saya di http://blog.nuxer.net. makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s