Gempa di Maumere 4 Juni 2009 dinihari ??…


Trauma Gempa 12 Desember 1992
Pagi itu lagi nyenyak-nyenyaknya tidur, tiba-tiba tempat tidur terasa bergetar… bukan cuma getaran AC dan kipas dikamar sepertinya, dan betul adanya… gempa. Spontan aq dan pak kris yang sekamar semburat lari keluar, diiringi keluar juga teman tutor di sebelah. hehe…tapi tidak seberapa lama gempa sepertinya reda dan amanlah… tidur lagi?? tidak karena sudah terlanjur tidak mengantuk!

Bagaimana tidak kaget atau sedikit trauma? sore harinya aq keliling diantar mahasiswa tutorial melihat-lihat pesisir di wuring sisa gempa tsunami yang meluluhlantakkan maumere. Bekas-bekas fondasinya masih… walau sudah ditumpuk oleh bangunan-bangunan semipermanen diatasnya.

Penasaran, cari berita pos kupang pagi, ya jelas gak ada. Jam-jam segitu sudah naik cetak khan. Malam sehabis makan aq coba ke flobamora net, warnet terbesar di Maumere kayaknya. dn dapatlah sepenggal beritanya, ini dia:

ENDE-NTT DIGUNCANG GEMPA 5,3 SR
Thursday, 04 June 2009 01:53
Gempa berkekuatan 5,3 skala richter terjadi di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis dini hari.
Jakarta, 4/6 (Roll News) – Gempa berkekuatan 5,3 skala richter terjadi di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis dini hari.
Berdasarkan keterangan dari BMG, gempa terjadi pada pukul 01.16 WIB sekitar 61 km arah timur laut Ende atau 179 Km timur laut Ruteng NTT.
Pusat gempa berada pada kedalaman 10 Km di 8.52 LS dan 122.08 BT tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Ya, itulah maumere, mungkin dekat gunung-gunung yang masih aktif ya.
Mau tahu suasana 12 Desember 1992 di Maumere?? inilah tulisan inimaumere.com pada peringatannya di 11 desember 2008 lalu:

Flores,12 Desember 1992.Cuaca di kota Maumere dan Kabupaten Sikka pada umumnya terasa sangat panas dan menyengat tidak seperti hari-hari biasanya.Warga kota lebih terlihat memilih berada di luar rumah mencari udara yang sejuk dengan bersantai-santai dibawah pepohonan rindang didepan rumah mereka.Beberapa warga malah mencoba mengguyur tubuh mereka dengan air dikamar mandi untuk menghilangkan rasa panas karena cuaca yang tak bersahabat itu.Waktu terus berjalan mendekati pukul setengah dua siang WITA.Anak-anak sekolah telah berada di rumah masing-masing.Para nelayan tetap seperti biasanya sibuk mencari ikan di laut yang menghidupi mereka.Namun tiba-tiba tanpa peringatan terlebih dahulu guncangan hebat terasa melanda bumi yang dipijak.Bumi seakan-akan dipermainkan oleh tangan-tangan raksasa.Gemuruh bunyi seperti bunyi gedung-gedung yang sedang diruntuhkan terdengar menakutkan telinga.Semua berlari tak tentu arah,berhamburan dengan rasa takut yang luar biasa.”Gempa..gempa..gempa..”teriak mereka.
gempa maumere
Ibu-ibu sibuk mencari anak-anak mereka,anak – anak kecil menangisi diri mereka karena tak tahu harus berbuat apa.Para lelaki dewasa sibuk mencari dan menyelamatkan semua keluarganya.Semua Panik!!Kota kecil nan tenang dilanda malapetaka hebat,menghancurkan semua yang telah dibangun,menghancurkan kehidupan dan semua cita-cita,melenyapkan semua harapan para warga kabupaten yang sedang ditata.

Tiba-tiba dari arah pantai berhamburan warga masyarakat yang tinggal dikawasan itu sambil berteriak,”Air laut naik..air laut naik..air laut naik…”
Mereka terus menjauhi laut yang selama ini menghidupi mereka dengan suara yang tak henti-hentinya berteriak ketakutan.Warga kota semakin panik.Gelombang air laut terus mendekati jalan raya dikawasan bagian utara kota yang berdekatan dengan pantai.Tsunami (populer setelah gempa Aceh nan dahsyat) tak ketinggalan ikut serta ambil bagian dalam peristiwa itu.Beberapa tubuh terlihat jatuh terkulai bersama reruntuhan gedung yang menimpa mereka.

Pelabuhan Sadang Bui (pelabuhan kapal laut di kota Maumere) yang selama itu aktif dengan jadwal bongkar muat barang yang mulai padat hancur disepak sang jendral yang bernama Tsunami.Sebuah kapal besi dikawasan perairan pelabuhan yang selama bertahun-tahun hanya menjadi hiasan laut dan menjadi tempat bermain bocah-bocah kecil karena telah karam,dilempar buang oleh si tsunami langsung mengangkangi jalan raya pelabuhan.Beberapa kapal kecil terlihat pasrah menerima keadaan antara laut dan darat dan membingkai peristiwa itu menjadi sebuah kenangan pahit yang sulit untuk dilupakan.Banyak warga yang berada di pelabuhan hilang ditelan laut.

Tsunami terus bergerak,menghancurkan semua yang berada didepannya.Pulau Babi,sebuah pulau kecil yang berada didepan Maumere hancur lebur diterjang gelombang.Banyak media memberitakan ratusan penghuni pulau itu tewas disapuh tsunami.Pulau kecil nan elok menghiasi lembaran peristiwa pahit dan tragis,menjadi saksi bisu betapa angkuhnya alam jika kita mulai mencampakan kebesaranNya.
pbabi
Ini foto pulau babi sebelum tenggelam,

PT.Bali Raya,sebuah perusahaan pendinginan ikan satu-satunya di kawasan pulau Flores sat itu hancur di terjang gelombang tsunami.Gelombang air laut tersebut naik dan dengan sombongnya merembes melewati gedung Bali Raya menuju rumah warga sekitarnya dan jalan raya dikawasan pertokoan.
Tak sampai disitu,kampung nelayan tradisional Wuring dan wilayah sekitarnya yang berada tak jauh dari kota Maumere tak luput dari amukan ‘air laut naik’ (baca;tsunami).Sebagian warga Wuring yang mendirikan rumah mereka diatas laut cuma bisa pasrahkan diri ketika amukan gelombang maut datang menyapa mereka.Semuanya hancur.Yang pasti,semua kawasan pesisir pantai bagian utara kabupaten Sikka dan Flores pada umumnya hancur lebur dihantam sang tsunami.
Ditengah kota terlihat kepanikan luar biasa.Gedung-gedung pertokoan,perkantoran dan rumah warga banyak yang hancur.Banyak pula warga yang tewas.Pasar Baru Maumere yang berada ditengah kota dalam kawasan pertokoan pun cuma bisa tertunduk lesu ketika guncangan gempa yang menakutkan mulai menggerogoti bangunannya.

Semuanya berlari membawa keluarganya.Ada yang berusaha mengungsi keperbukitan atau ke kampung-kampung yang jauh dari kota dengan maksud menghindari gelombang tsunami.Sekolah-sekolah,gedung-gedung perkantoran,sarana-sarana umum dan sebagain besar rumah warga banyak yang rusak parah (hancur).Terlihat ibu-ibu dan keluarganya meneteskan air mata mereka dengan sikecil yang terdiam penuh ketakutan dalam dekapan sang ibu.Semua menangisi harapan-harapan mereka yang amblas dirampas dengan paksa dari hidup mereka oleh si penghancur bernama gempa tsunami.

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Relief Kehidupan. Tandai permalink.

8 Balasan ke Gempa di Maumere 4 Juni 2009 dinihari ??…

  1. vennyjo berkata:

    aduh jadi kangen dengan mofers, ya Tuhan lindungi kampung mofers tersayang

  2. Rifky berkata:

    Perlu dilakukan kilas balik…Tentang Tsuname ada dua : 1. Alam yg tidak bersahabat.
    2. Ulah Manusia.
    1. Pasca Tsuname Sika Aceh Intervalnya mendekati 10 thn
    2. Daerah2 yg tertimpa Tsuname..Sika, Aceh,…selanjutnya mungkin Irian..
    3. Pasca Gempa Sika Suhu naik (Cuaca Panas)
    4. Model Gempa Sika Tanah Naik Turun..Berbeda di aceh/Padang
    5. Pasca Gempa Sika Umumnya Phn Pisang dan Kelapa Mati
    Pertanyaannya : Memungkinkan Tidak : Adanya Uji Coba Bom Nuklir/ Bom Atom..
    Melihat kondisi Indonesia yg sangat luas, sementara armada ALRI tidak Memadai untuk menjaga kelautan NKRI. Sangatlah mudah pihak2 asing yg ilmuanya sulit dilacak karena mereka menggunakan teori Konspirasi dan meraka tlh memperhitungkan secara Sign untuk uji coba…pilihan yg bisa mematahkan tuduhan/kecurigaan meraka akan memilih daerah2 yg rawan dgn ciri Tsuname dan Gempa…

  3. Rifky berkata:

    sddsbf

  4. franyo moa bura berkata:

    saat kejadian ini saya masuh berumur 1 tahun,,,kejadian yang sangat memilukan bwt warga maumere seluruhnya,,,,

  5. Haryz berkata:

    Waktu itu umur saya baru 16th..tepatx aq berada di lokasi wai gete karna ada proyek jalan hotel winirai bernaung di PT.SURYA. Tragis sangat tragis kisah itu dan sangat pilu masih q kenang sampai sekarang..ketika kami di pemukiman perumnas sekarng sudh jadi Rumah sakit maumere UGD..Saksi mata aq tak kuat untuk melhat penderitaan ketika Anak2 menangis mencari ayah ibux..korban yg hilang ang2ota badan pilu sangat piluh kisah itu.

  6. john oriwis berkata:

    mantap ni kisah maumere…

  7. Anonim berkata:

    hati-hati lho… maumere pernah disapu tsunami 1992🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s