Final Test MK Mekanika – PFisika Unika


Ujian Akhir MK Mekanika
Prodi Pendidikan Fisika – FKIP Unika
24 Juni 2009

1. Sistem Partikel – Pusat Massa
a. Tentukanlah letak titik pusat massa dari sistem benda titik yang terdiri dari m1 = 5 kg pada (0,0), m2 = 30 kg pada (15,20), m3 = 20 kg pada (30,0) dan m4 = 15 kg pada (-15,10), dalam cm.
b. Tentukan letak pusat massa sistem tiga partikel yang massanya 10 kg, 20 kg dan 30 kg yang digambarkan sebagai berikut:
mek01

2. Kekekalan Energi & Massa Tereduksi
a. Hitunglah fraksi berkurangnya energi kinetik neutron apabila neutron dengan massa m1 bertumbukan dengan inti atomik yang massanya m2 yang semula diam di tempat !
b. Molekul CO dengan massa atom C (12) dan O (16) secara berturut-turut adalah 1,99×10^-26 kg dan 2,66×10^-26 kg. Apabila panjang ikatan yang terjadi dalam CO tersebut adalah 1,13 A, berapa besar momen inersia dari sistem tersebut?

3. Pusat Massa Benda Tegar
a. Suatu benda homogen berupa kulit kerucut, kulit silinder dan kulit setengah bola disusun seperti dalam gambar. Tentukan koordinat pusat massa bangun tersebut !
mek02

b. Bagaimana cara menentukan letak pusat massa suatu benda yang bentuknya tidak teratur? Jelaskan dengan menggunakan gambar sebagai ilustrasi !

4. Momen Inersia
Buktikan bahwa momen inersia dari sebuah cakram (silinder) pejal yang homogen terhadap sumbu yang tegak lurus bidang penampng lintang dan melalui pusatnya (sumbu aksialnya) adalah I = MR^2, dengan M massa total cakram (so\ilinder) dan R adalah jejari penampang lintangnya!

5. Energi Kinetik Rotasi Benda Tegar
Sebuah roda gila yang massanya 50 kg memiliki jari-jari girasi 1,5 m yang berputar dengan kecepatan sudut sebesar 50 rad/s. Berapa besarnya energi kinetik rotasinya? Berapa besar kecepatan sebuah peluru yang massanya 50 gr apabila energi kinetik translasinya sama dengan energi kinetik rotasi roda gila tersebut?

SELAMAT BEKERJA🙂 !!

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Soal2 Ujian & Quiz dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s