Celoteh tentang MANUSIA …


manusiaAq disini tidak sedang berbicara kebaikan ‘manusia’ karena itu seharusnya sudah menjadi ‘keniscayaan’. Selain itu kalau yang dituliskan yang baik-baik saja orang ogah membaca, ( kenapa begitu ya?? ), itulah manusia !, hehe. Kayaknya sebelum qt berceloteh – qt harus bertanya pada diri sendiri dulu, apakah qt masih termasuk ‘manusia ??’ Jangan lama merenungkannya, baca dulu lanjutan tulisan ini…🙂 !

Ketika bandit yang lucu mampir ke blog ini dan kucoba mengunjunginya, oke juga bandit punya ide mau menuliskan tentang manusia. Makluk yang satu ini memang tidak ada habis-habisnya untuk dituliskan.

Kalau dimulai dari diri sendiri seperti bandit itu luar biasa! Saluut. Biasanya, qt bisanya mentertawakan orang lain, mengejek orang lain, meremehkan orang lain, menjerumuskan, menganiaya, melecehkan, dan me-me yang lain ke orang lain, bukan ke diri qt sendiri !. Adalah menjadi hal yang luar biasa jika orang bisa menertawakan diri sendiri seperti bandit. Itu berarti sudah melalui kontemplasi, perenungan dalam ( bahkan luar juga,🙂 ), muhasabah, dan seterusnya….!! .

Orang bisa 1001 pendapat ketika menanggapi Andi Malarangeng mengatakan belum saatnya orang sulawesi selatan menjadi presiden. Jangan lupakan untuk mendengarkan kata-kata serta mengamati ekspresi-nya. Ada yang menanggapinya sambil tertawa terbahak, ada yang sambil membanting asbak kena kakinya sendiri, hehe…

ada yang diam-diam juga tidak berpendapat karena menjaga perasaan teman, dan lain-lain. Itulah manusia, dan sungguh luarr biasa !!!

Apa tanggapan-q tentang pernyataan Andi?
Campur-aduk, menyesali-menyayangkan-memahami-menertawakan ( LHO ??). Iya, itulah keputusan yang paling baik ditinjau dari aspek psikologi, hehe. Kalau aq menjadi emosional atau menyesali disertai ulasan atau analisis politik, wah gak habis-habis. Tarik urat leher sampai kram barangkali, gak ada ngaruhnya pada kesetimbangan jasmani-rohani-q. Orang bilang pembelajaran politik, iyalah… betul, itu bisa qt fahami dengan sejenak merenungkannya dengan memahami ’kemanusiaan’ qt, tapi tidak lantas menghujatnya, mendemonya, menghinanya, memojokkannya, dan me-me yang lain. Itulah manusia, dan sungguh luarr biasa !!!!

Manusia bisa terkenal dan sangat dipuja karena suaranya, seperti Michael Jackson bahkan sampai almarhum-pun masih ditangisi, disanjung, bahkan jutaan kopi album bisa ludes dalam 2 hari. Manusia ternyata juga bisa dihujat sekaligus dipuja, dikasihani sekaligus dibenci, difahami sekaligus tidak dimengerti, seperti Manohara yang kontroversi. Itulah manusia…

Ada seorang teman, tim sukses JK-Wiranto, dicalling oleh banyak orang yang meminta 100 sampai 200 kaos untuk disebar ke berbagai daerah. Dan pesannya kepada orang-orang tersebut adalah ’jangan diberikan ke orang sulawesi selatan ya, orang bugis ya, karena sudah pasti milih JK, jadi gak usah dikasih kaos lagi. Kasihkan ke orang-orang lain! ’. Hehehe, jaman tidak karu-karuan karena ajang pemilu capres-cawapres, juga membikin orang tidak keru-keruan, siapapun orang indonesia seakan ditarik dan diajak untuk ikut berkomentar, dan kalau kita dokumentasikan wuich… tak terbayangkan. Ada nasionalisme, lokalisme, primordialisme, sukuisme, dan isme-isme yang lain yang disangkut-pautkan.

Qt mungkin diminta untuk berfikir rasional, tapi nada bicaranya bisa sangat emosional, hehe… itulah manusia, dan sungguh luarr biasa !!!!!

Asyik khan kalau qt berusaha memahami jalan pikiran orang di dalam berbicara, menanggapi pernyataan, bersikap dan mengambil keputusan. Unikk, dan Luar biasa !!!!!! ( hehe… tanda serunya sudah lebih dari 5, berarti harus segera diakhiri, menurutku, karena kalau keterusan porsinya bandit bisa terdistorsi, hehehe…🙂 )

Kesimpulannya, manusia berada pada lingkaran yang dapat dikuasainya-difahaminya dan sekaligus juga berada pada lingkaran yang tidak dapat dikuasainya-dimengerti. Lingkaran yang mana?? Hehe… mari kita pikirkan bersama-sama. Kalau tidak mau lingkaran pake kotak, segi empat, atau segi-segi yang lain juga boleh. Itulah manusia, dan sungguh sangat luarr biasa !!!!!!!.

Tamat.

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di aQ berPole-MIX. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s