New Comers as Civitas Academica…


GOUDIAMUS
toga
Goudiamus igitur,
juvenus dum sum nus;
Pos molestam senetotem
Nos habeibit humus
Vivat academia
Vivat profesores
Vivat membrum qualibet
Vivat profesores.


ini adalah suatu Hymne perguruan tinggi di seluruh dunia, yang selalu dikumandangkan oleh setiap calon mahasiswa yang baru dilantik (inougrasi) dan mahasiswa yang baru diwisuda….🙂

Ya, ini tentang mahasiswa baru yang sekarang lagi diterima di seluruh jurusan di fakultas2 seluruh indonesia. Selamat Datang !!!
Khususnya di almamaterq FST Undana, aq lihat dan amati sendiri bagaimana antusias mereka sebagai ‘civitas akademika’ dengan status, lingkungan, kemerdekaan, dan gaya yang baru.

Kebetulan aq diminta PD III, pk Made Udiana selaku Panitia PKKBMB untuk mengisi satu sesi, tentang Organisasi & Kegiatan Kemahasiswaan. Banyak hal bisa di ceritakan. Sama kaya saat aq di tahun ’91, lucu dan culun ya, hehehe…

tetapi, itulah mereka…Shakespeare bilang:
“if you can look into the seeds of time, and say which grain will grow and will not, speak then to me”, terjemahan bebasnya kira-kira: “jikalau engkau dapat menyelam ke dalam benih-benih masa, dan mengatakan mana yang akan tumbuh dan mana pula yang tidak, katakan padaku”.

Masa depan memang tertumbuhkan pada masa kini, dari bibit-bibit yang qt tanam hari ini, tetapi bentuk dan ciri-cirinya tidak dapat qt memastikannya. Teman seniorq jaman di aktivis HMI dulu pernah tulis, belajar itu ibarat sebuah pengembaraan: proses, seluruh tatanan kehidupan qt berada dalam proses. qt mengada, tobe, bukan mengada-ada atau bertubi-tubi.

Bukan mengada-ada, absurd, nyaring bunyi tiada isi, nihilism. Atau juga bukan bertubi-tubi berjalan dengan mendongak-berbusung rusuk, lupa pijakan, narsis. Bukan pula bersembunyi dibalik minder dan pongahnya gedung kampus, canggung merambah sungai gelantara hikmah: abstain.

Selamat menabur mimpi dalam dinding-dinding bisu empat sisi ruang kuliah. Qt harus punya mimpi dan harapan untuk selalu jadi lebih, lebih, lebih dan lebih baik lagi. Qt uraikan permukaan pucatnya dengan lembar-lembar diktat ‘catatan kuliah’ yang disebut ilmu pengetahuan.
Mari belajar !!!

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Relief Kehidupan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s