Seri_Elins 01: Pengantar Instrumentasi


Salam ELINS !!!
Bagi mahasiswa ELINS yang memprogram MK Elektronika Instrumentasi, tulisan ini boleh dijadikan rujukan. Smoga bermanfaat.

Selama 1.5 abad lebih, telah banyak kontribusi pada seni pengukuran kuantitas listrik. Selama periode terbaik ini, upaya-upaya secara prinsip ditujukan untuk menyempurnakan instrumen jenis simpangan (deflection – type) dengan suatu skala dan jarum yang bisa bergerak (movable pointer). instrument_1 Sudut simpangan jarum sebagai fungsi dari, dan tentunya analog, nilai kuantitas listrik yang diukur. Istilah instrumen analog telah melekat untuk mengidentifikasi instrumen jenis simpangan dan untuk membedakannya dari instrumen berbeda secara keseluruhan, yang menampilkan nilai kuantitas yang diukur dalam bentuk decimal ( digital). Instrumen yang lebih baru ini dinamakan instrumen digital.

Banyak instrumen yang bisa melayani tujuan secara bersama dalam memberikan informasi tentang kuantitas variabel yang diukur. Beberapa instrumen dilengkapi record permanen. Lebih lagi, beberapa instrumen digunakan untuk mengatur atau mengendalikan (control) kuantitas. Sehingga, kita bisa katakan bahwa instrumen melayani tiga fungsi dasar: penunjukkan (indicating), pencatatan (recording) dan pengendalian (control).

Instrumen penguji kuantitas listrik dan elektronika dengan tujuan umum, utamanya berfungsi untuk penunjukkan dan pencatataaaan. Instrumen yang digunakan pada proses industri kebanyakan ditujukan untuk fungsi kontrol. Sistem seperti ini dinamakan sistem kontrol otomatis.
Ada banyak cara untuk mengukur nilai kuantitas yang berbeda. Banyak kuantitas fisika paling baik diukur dengan mekanik belaka seperti menggunakan manometer gauge untuk mengukur tekanan udara. Kuantitas lainnya diukur menggunakan metode yang berbasis listrik seperti mengukur konduktivitas larutan dengan current meter. Pengukuran lainnya dibuat dengan instrumen elektronik yang disertai rangkaian penguat (amplifying circuit) untuk meningkatkan amplitudo kuantitas yang diukur.

Untuk penjelasan lebih lanjut pada pengantar ini akan dibahas sub bahasan tentang Definisi dan Konsep Pengukuran, yang didalamnya dikaji tentang pengukuran, data pengukuran, reduksi data, alat ukur listrik, ralat dan ketidakpastian, akurasi, kalibrasi, presisi (resolusi, stabilitas, sensitivitas), dan sub Bahasan Satuan dan Pengukuran Besaran Listrik, didalamnya ada satuan standar, konsep pengukuran besaran listrik (Kawat konduktor, rangkaian listrik, pengukuran arus dan tegangan listrik).

Materi tersebut tidak aq jelaskan disini, silahkan di download dari link berikut ini: seri_ELINS Pengantar Instrumentasi (Pengukuran & Instrumentasi ).

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Fisika Instrumentasi. Tandai permalink.

4 Balasan ke Seri_Elins 01: Pengantar Instrumentasi

  1. Agus Manu berkata:

    “”> <blockquote c

  2. Agus Manu berkata:

    tolong bilang aku mau ingin tau dong

  3. ridok berkata:

    saya kurang mengerti tentang poiner

  4. fisika berkata:

    terimakasih, sambil browsing, membaca, tambah ilmu, tambah pengalaman berbagi yg belum kita ketahui.. salam kenal🙂 semoga banyak fisikawan tercipta dari cara seperti ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s