Mengapa Roda Pesawat macet ?


Jelas sudah peristiwa tadi malam yang cukup menggemparkan di bandara eltari dan wilayah penfui (Baca juga: Pesawat Crash Landing di Eltari Penfui…). Ini cuplikan beritanya:
________________________________________________________
Sebanyak 95 orang penumpang Merpati Airlines nomor penerbangan MZ 5840 dengan rute penerbangan Ujung Pandang-Kupang selamat setelah pesawat tersebut mendarat darurat. Dari 95 penumpang tersebut, terdapat lima orang anak-anak, 84 orang dewasa, pramugari sebanyak empat orang dan pilot serta co pilot sebanyak dua orang. (Antara News).
Pesawat tersebut sempat berputar di atas Kota Kupang kurang lebih 10 kali atau sekitar satu jam untuk menghabiskan bahan bakar. Saksi mata di lokasi kejadian, Rabu malam mengatakan, pesawat tersebut sempat mengeluarkan percikan api dibagian depan pesawat, namun api tersebut berhasil dipadamkan oleh pemadam kebakaran yang telah berjaga-jaga di bandara tersebut.
___________________________________________________________
padahal baru saja tanggal 24 November, kejadian serupa juga menimpa pesawat Batavia di Eltari juga. Ini beritanya:
___________________________________________________________
Pesawat Batavia Air Boeing 737 seri 400 dengan nomor penerbangan FLT 7P-711 tujuan Jakarta-Kupang yang mengangkut ratusan penumpang mendarat darurat di Bandara El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), karena roda pesawat tidak keluar. Bla..bla..bla
___________________________________________________________
Ada apa sih di bagian roda? sistemnya bagaimana sih. Dan ternyata banyak kejadian pendaratan darurat terkait dengan masalah roda !!!


Aq sendiri juga tidak memahaminya. setelah membaca beberapa tulisan referensi barulah aq sedikit ngeh ! ini dia sedikit penjelasannya. Yang sudah banyak mengerti tolong ditambahi dong !!!

Landing Gear
Landing gear merupakan konstruksi dari roda pendaratan pesawat terbang yang berfungsi untuk menyerap energi dari getaran yang terjadi pada saat pesawat mendarat (landing). Pada umumnya, landing gear pada satu pesawat digolongkan menjadi dua bagian, nose landing gear (depan) dan main landing gear (belakang). Nose landing gear berjumlah satu buah, dan main landing gear bermacam-macam jumlahnya bergantung jenis pesawatnya. Untuk pesawat Boeing 737 Series yang merupakan obyek pada studi kasus ini, nose landing gear (shock strut) berjumlah satu buah, dan main landing gear berjumlah dua buah (pada sayap kiri satu buah, dan pada sayap kanan satu buah).

Selain itu, landing gear juga merupakan salah satu bagian vital dari
pesawat terbang yang berfungsi untuk menopang keseluruhan bobot pesawat ketika berada di darat, mulai dari landing, hingga take off. Konstruksi dari landing gear terdiri atas beberapa bagian utama seperti yang tampak pada gambar disamping.

Sistem Hidrolik Roda Pesawat mengatur segala peralatan yang berhubungan dengan roda pesawat. Pesawat dengan kerusakan hidrolik yang dipaksakan terbang bisa berakibat fatal antara lain roda pesawat tidak bisa keluar sempurna. Itulah yang mungkin dialami oleh Merpati dan Batavia, dan ketika salah satu roda tidak keluar, berarti beban pesawatpun tidak bisa ditanggung oleh satu roda kanan, maka bodi pasti miring ke kiri, dan terjadi gesekan yang hebat dengan landasan. Munculnya api sepanjang gesekan itu memungkinkan tersulutnya kebakaran pesawat. Resiko kerusakan lain, adalah sayap pesawat patah.
Dan, pesawat akhirnya menjadi sampah…!!! Tragis.

referensi teknis, baca:
Landing Gear
sistem hidrolik roda pesawat

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Relief Kehidupan dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s