Bocoran Soal UAS Mekanika_1 ??


1. DINAMIKA PARTIKEL DALAM 3 DIMENSI
a. Seorang penjaga gawang sepakbola menendang bola dengan kaki pada ketinggian 1 m di atas tanah, dengan kecepatan awal 20 m/s yang membentuk sudut 37 derajat dengan horisontal. Jika percepatan gravitasi bumi g=9.8 m/s^2, berapa jarak horisontal yang ditempuh bola ketika bola itu jatuh di tanah?
b. Gaya F=i+3j+2k bekerja pada sebuah partikel yang berada pada titik (1,1,1) dalam koordinat Cartesian. Hitunglah momen gaya terhadap titik (2,-1,5) !

2. KINEMATIKA ROTASI
a. Poros sebuah motor berputar 1800 rpm ( rotasi per menit). Berapa radian sudut yang ditempuh oleh putaran itu dalam 18 detik?
b. Sebuah partikel pada benda tegar sedang berotasi terhadap suatu poros dengan kecepatan 2,0 rad/s dan percepatan sudut 5,0 rad/s^2. Jika jarak partikel dari poros adalah 0,40m, tentukan (a) kelajuan linear (α) dan percepatan total yang dialami partikel dimana a total = a tangensial (r.α) + a sentripetal (r.ω^2)!
c. Buktikan hubungan besaran rotasi & translasi berikut: s=r.[tetha], v=rω dan at=rα !

3. GETARAN HARMONIK
a. Perhatikan gambar getaran harmonik pada Pegas, disamping ! Jika persamaan kecepatan gerak, v(t)= dx/dt = – ωAsin(ωt+[tetha]), tuliskan persamaan posisi, x(t) dan percepatan, a(t)!
b. Gambarkan grafik simpangan, kecepatan dan percepatannya sebagai fungsi waktu (t)
c. Dapatkan persamaan hubungan antara periode getaran harmonik sederhana dengan massa pendulum dan konstanta elastik yang bekerja berdasarkan hukum II Newton!
d. Buktikan bahwa Energi total getaran harmoniknya merupakan penjumlahan Energi kinetik dan energi potensialnya, yaitu E = Ek + Ep = ½ mω2 = ½ kA^2!

4. BONUS !!!
a. Sebuah partikel yang sedang bergerak mempunyai posisi r(t)=a sin kt i + b cos kt j, dengan a,b dan k adalah konstanta. Apakah bentuk lintasan gerak partikel tersebut?
b. Mengapa simpangan bandul pada getaran harmonik tidak boleh terlalu besar?

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Soal2 Ujian & Quiz. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s