Ngoprek Pentium2 MMX dengan Windows 95B


Rasanya aneh, dijamannya Pentium i7 atau sebagian besar user menggunakan Pentium4 dual core atau Core 2 Duo, kok masih ada yang setia menggunakan Pentium2 MMX. Yang juga agak terasa mustahil adalah usia hardware apakah itu CPU, apalagi Mobo bahkan hardisk nggak lebih dari 5 tahun, bahkan bisa kurang.

Iya, Itu ukuran aq. 5 tahun di Kupang sudah ada beli 2 CPU, satunya motherboardnya Pentium III sudah di usung di gudang, error di slot memori. Gara-garanya sering aq bongkar pasang, kedudukan slot memori didepan rumahnya hardisk, saking seringnya kesodok-sodok ehh, error. Ganti lagi Pentium yang dibeli 3 tahun lalu, sudah mulai rewel2 di Mobonya juga, celeron ++ vga sama soundnya onboard dan -ini yang sering diprotes aik-ata sang empunya PC – soundnya KO alias bisu, karena peripheral di mobo yang butuh driver, setiap mau di-install dikatakan ‘tidak dikenali’ padahal awal-awalnya dulu lancar. Ya…sudah.

nah, pekan kemarin, ada teman dari Politani minta tolong Pentium2 MMX-nya diperbaiki, dan sudah lama itu PC tidak digunakan, semua sudah pake Laptop. Untungnya, ya itu PC dirawat dengan sangat baikk, tidak ada debu-nya. Anaknya merengek minta diperbaiki biar bisa main game seperti aik-ata di rumah. Nah mulailah ngopreknya. CPU dibawa kerumah, tanpa keyboard. Ternyata, aq sudah tidak punya keyboard dengan port model lama yang besarrr itu. Nah, sudah lengkap. Nyalakan…jelas nyala tapi tidak ada sistem operasinya, karena terakhir memang error, katanya. Berarti harus pake disket (nah, masih punya disket nggak ya, lupa-lupa ingat ). yang pasti, nggak punya! PC di rumah saja tidak ada lagi itu floppy drive.

Berarti, runtutannya butuh disket 1,22MB, butuh file startup 98, dimana bisa buat. ….
Ingat-ingat di lab ada floppy dan disk drive juga masih ada, sekalian buat startup disk, cari di internet ada win98startupdisk.exe yeahh ini dia. dan proses install dimulai…

Pake 98SE ternyata gak, karena proses error -cd installernya gores-gores. Ada winME, tapi qpikir2 membutuhkan resources lebih, sementara PCnya sudah renta, ahh daripada bermasalah lagi, so pilihan yang paling aman, stabil dengan PC jadul, ringan dan bisa untuk main game flash, ya win95B yang kebetulan aq punya.CDnya masih cukup mulus, karena jarang disentuh. Linux? gak kepikiran. Aq nggak mau waktu terkuras hanya untuk memikirkan PC jadul, yang tidak lagi bisa dioptimasi selevel PC saat ini. Toh, keperluannya hanya untuk maen game flash. kalau jamannya masih kuliah di jogja dulu bolehlah…

Proses install berlangsung…dan sukses. Suara? iya cari lagi di internet dapat tuh yamaha743 driver untuk DOS. Install, langsung cringg.. bring..bring… suara khas windows, hehe… Ingat-ingat DOS membuat virtual drive sebesar 4048 KB, tapi dulu begitu mengagumkan.

Sudah bertahun-tahun tidak melihat tampilan win95B, mungkin sejak 97-an, jamannya belajar ngoprek, ngelihat Bromo atau Dwi Cahyo – teman di fisika Unud- bongkar-bongkar PC, dari pagi sampai pagi lagi !, bahkan gak sempat mandi, hihi..

Repot memang, tidak segampang proses install seperti sekarang. Port utk keyboardnya besar kali, lain sekarang pake USB. bukan ATX, sehingga setiap kali harus nombol ON OFF – jari jadi kaku, CD Room speed lambat, Drive yg bunyi-bunyi kena bengek, ngek-ngeek. Untungnya, yang punya nih, memelihara PC dengan sangat baik ! bayangkan belinya tahun 1997 dari mahasiswa UGM S1 yang baru selesai skripsi, sampai sekarang masih OKe. 13 tahun bung!.
Dan ciri khas teknologi 15 tahun lalu adalah ada tombol TURBO, maklum clocknya hanya 120 MHz, jangan dibandingkan dengan saat ini !

Mengasyikkan dan yang penting…sudah jadi lagi Pentium MMX dengan Windows 95B.

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Fisika Instrumentasi, Relief Kehidupan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

5 Balasan ke Ngoprek Pentium2 MMX dengan Windows 95B

  1. Nanang Hs berkata:

    Alhamdulillah, baik-baik aja Mas, Anakku masih 1, aku tinggal didesa, kesibukanku masih spt dulu, wiraswasta, Aku lg mengembangkan TV Kabel.

  2. alifis berkata:

    piye kabare nang, 🙂

  3. Nanang Hs berkata:

    Wah, Mantab juga mas, sayang aku sudah gak pernah melihat lagi kompuer P2 MMX. Jadi teringat Bang Ilham & Mas Dwi pas lagi ngisntall komp dari pagi hingga pagi lagi, nggak mandi lagi…

  4. alifis berkata:

    ats kehendak-Nya, masih bisa baca walau ngek..ngek !!! tq

  5. ALHIJR ADWITIYA berkata:

    Wah Mantabbss…Bung..Keren Euy..gimana soal Floppy disknya .??bisa jalan .Selamet yah…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s