nJomplang…Kupang Swiss dalam Terapan Sel Surya


Prototipe Pesawat Sel Surya
Prototipe pesawat dengan tenaga surya, Solar Impulse, berhasil menjalani uji terbang yang pertama di Swiss, Rabu (7/4/2010), dengan kecepatan 45 kilometer per jam.

Bertrand Piccard, yang ikut memimpin proyek ini, menyebutkan, Solar Impulse lepas landas dengan mulus di Lapangan Udara Payerne. Dengan kekuatan 10 motor elektrik, pesawat ringan dengan satu penumpang dan pilot naik perlahan-lahan hingga 1.200 meter di atas permukaan laut dan mendarat setelah mengudara selama 87 menit.

Kompas iptek menuliskan, Lebar sayap pesawat ini hampir sama dengan pesawat Airbus A340 dan memiliki berat 1.600 kilogram. Bagian sayap pesawat dipasang 12.000 sel surya yang bisa mengisi motor elektrik dan baterai seberat 400 kilogram

Penerangan Jalan Sel Surya
Di jalur utama eltari 1 dan eltari 2 Kota Kupang sudah sebulan lebih terang benderang. Tidak seperti biasanya, yang terlihat adalah lampu penerangan dengan sumber tenaga sel surya. dengan 1 lempeng sel surya berukuran kurang lebih 40×70 cm, cukup menyuplai energi listrik lampu selama kegelapan malam menerpa kota kupang. Tentunya jadi menarik ketika 2 tiang lampu jalan berdampingan dengan sumber energi berbeda. Bisa terlihat, teknologi jaringan berbasis kabel tidak efisien dan merusak keindahan langit. Saatnya dicopot setelah diganti. Pertimbangan utama pastinya, lama penyinaran di Kupang yang lebih dari 8 jam, sangat potensial untuk teknologi ini. bahkan, Sudah mulai banyak ditawarkan aplikasi sistem sel surya untuk kebutuhan rumah tangga.

Tentu, jangan dibandingkan terapan sel surya untuk lampu jalanan di kupang dengan prototipe pesawat di swiss diatas. nJOMPLANG, orang jawa bilang. Tapi yang jelas, teknologi tinggi sel surya sekarang memang sudah dilirik untuk menjadi alternarif sumber energi, dimana ahli-ahli material berusaha mencari bahan yang bisa memproduksi bahan dengan efisiensi tinggi. Yang dikenal selama ini adalah yang berbahan anorganik, sementara yang getol dikembangkan adalah yang berbahan dasar organik.

Semoga awet, karena investasinya memang tidak murah, dan semoga terhindar dari tangan-tangan jahil. Kenapa berpesan seperti itu? iya, telah ada kejadian 6 lempeng unit PLTS, milik Universitas dicolong maling. Dasarnya, maling sudah modern. Yang jadi pertanyaan, kenapa pengawasnya tidak menggunakan teknologi modern ya?. Pake cctv kek atau kamera pengintai, atau….
Mulai ngelantur…

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Relief Kehidupan dan tag , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke nJomplang…Kupang Swiss dalam Terapan Sel Surya

  1. jhon berkata:

    keren… kupangku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s