Emergency, Emergensi atau Emergensy ?


Berbahasa yang lazim, adalah yang sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar. Dulu sampai sekarang bahkan, aq belum sempat mencari bahkan berusaha menemukan, filosofi dari baik dan benar. Artinya, ada bahasa yang baik tapi tidak benar atau ada yang benar tapi tidak baik.

Kalau aq lebih senang, menggunakan bahasa yang enak dan perlu. jadi enak untuk dibaca dan sesuai keperluan,🙂. Makanya, dalam seminar-seminar proposal tugas akhir, aq paling males ngecek bahasa, sekaligus sering sebel menemui tulisan yang tidak enak dibaca. karena sadur sana sini, jadinya gaya komunikasi idenya tidak mengalir, runtutan pokok pikirannya tidak terpola.

Tak hendak aq menulis ilmu bahasa, tapi gambar di samping ini adalah contoh tulisan yang tidak enak dilihat. Iya, karena setiap hari aq melihatnya bisa 3 – 4 kali. Sebagai blok nama instansi yang terletak di pinggir jalan, banyak orang yang juga melihatnya. Karena tidak enaknya kelamaan, eeh jadi iseng di foto trus di masukkan di blog ini.

Emergency, Emergensi atau Emergensy ya yang betul? Aq tidak tahu. Tapi jika perasaanq tidak enak berarti ada sesuatu yang tidak benar kayaknya. Emergency jelas benar dari bahasa ibunya, emergensi banyak yang pake, tapi emergensy kok anehh skali ya ?!

Ini bahasa tulis atau bahasa ujar ya? Atau emergensy itu bahasa ujar dari bahasa ibu emergency? apa tidak lebih enak pake emergensi, hihi….

Aq jadi tersenyum2 sendiri, karena bahasa tulis yang aq pake lebih banyak merupakan bahasa ujar, karena memang nulisnya spontan jadi mengalir seperti air. Air mengalir sampai jauh……

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Remah2ilmu dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s