Undana & Perguruan Tinggi Indonesia yang TOP di Dunia Maya


4 International Colleges & Universities Urutan pertama hingga keempat untuk PT TOP di Indonesia masih didominasi oleh ITB, UI, UGM dan ITS. Sedang peringkat kelima adalah Gunadarma.

Berdasarkan data 4ICU, Senin (5/7/2010), peringkat satu hingga empat tak mengalami perubahan sejak januari 2010. Perubahan hanya terjadi di urutan kelima dimana peringkat Universitas Gunadarma merangsek naik. Pada Januari 2010, Universitas Gunadarma hanya menduduki urutan kesembilan sementara kini naik menjadi urutan kelima.PTS lain di luar Gunadarma yang mampu mengimbangi dominasi PTN pada pemeringkatan tersebut yaitu Universitas Bina Nusantara, dan Universitas Kristen Petra.

__________________break news_____________________________
Bgaimana Alamamaterq: Undana ?
Sangat disayangkan memang, Undana bercokol di peringkat 126 dari 148 PT indonesia yang masuk peringkat, dan peringkat 8875 dari 10.000 PT di 200 Negara. Padahal kalau melihat universitas2 diatasnya, undana tidak lebih jelek. Hal yang patut dibenahi dan didukung adalah pengelolaan website yang lebih profesional dan ditangani dengan lebih serius. administrator harusnya bisa memberi respon pada lembaga2 peringkat sperti ini. “Report errors about The Universitas Nusa Cendana review” harusnya tidak tertulis di laporan akhir review.

Atau ketika aq coba akses ke undana.ac.id disela aq menuliskan artikel ini, hanya iseng untuk membandingkan apaka lebih baik dari blogq yang kurang terurus ini. Sesuai dengan salah satu aspek penilaian 4ICU, apakahGoogle page rank-nya undana lebih dari skor blogq:2, dan web traffic alex-nya apakah kurang dari 3198258, sekaligus maunya memberi saran pada pengelola web, tapi yang tampak adalah:

Kontinuitas online & Update content perlu dibenahi plus kedepannya perlu memotivasi dosen2 mempublikasikan karya2nya. Banyak dosen2 yang tidak memahami publikasi di dunia internet. Menilik universitas lain yang peringkatnya lebih bagus, dosen2 diberi space untuk aktif mempublikasikan diri dan karyanya. Dan yang utama adalah adalah ketersediaan fasilitas hotspot di kampus yang bisa di akses oleh seluruh warga kampus. Selama itu belum terpenuhi, global university yang telah dicanangkan tidak akan tercover dengan optimal di dunia maya. Maju terus Undana !!!
________________________________________________________
Selain itu, PTN lain yang baru masuk ke sepuluh besar untuk edisi Juli 2010 adalah Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Negeri Malang yang menggeser Universitas Padjadjaran, Universitas Brawijaya, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Sistem Pemeringkatan

Sistem pemeringkatan perguruan tinggi yang dilakukan oleh 4ICU tak jauh berbeda dengan sistem pemeringkatan seperti Webometrics, dan JiaTong yang merupakan sistem pemeringkatan popularitas Perguruan Tinggi di dunia Internet. Meskipun berdasarkan popularitas di Internet, metode pemeringkatan sangat berkaitan dengan kiprah akademik Perguruan Tinggi tersebut karena kontribusinya ke publik.

Tidak heran terlihat bahwa kampus-kampus yang sudah cukup mapan dan terkenal serta memiliki kiprah, baik civitas akademikanya maupun kampus sebagai institusi, berada posisi ranking yang baik. Hal itulah yang masih menjadikan pemeringkatan perguruan tinggi tersebut menjadi panduan dalam upaya peningkatan kualitas. Banyak kampus di negara seperti Perancis terpaksa harus melakukan fokus pada kegiatan internasionalisasi setelah menganalisis posisi ranking Jia Tong nya yang rendah.

Lembaga 4ICU melakukan pemeringkatan terhadap 10 ribu perguruan tinggi di 200 negara. Peringkat popularitas tersebut diukur berdasarkan tiga parameter, yaitu Google pagerank, inbound link Yahoo, dan web traffic berdasarkan Alexa. Jadi bisa dikatakan ranking ini menggambarkan popularitas situs perguruan tinggi di dunia Internet, dan popularitas itu sangat ditentukan oleh tingkat kekayaan produk akademik dan kontribusinya dari perguruan tinggi terkait tersebut.

Saat ini 148 perguruan tinggi Indonesia berhasil masuk pemeringkatan tersebut. Berikut 10 Perguruan Tinggi Terbaik versi 4ICU:

1. Institut Teknologi Bandung
2. Universitas Indonesia
3. Universitas Gadjah Mada
4. Institut Teknologi Sepuluh November
5. Universitas Gunadarma
6. Universitas Bina Nusantara
7. Universitas Kristen Petra
8. Universitas Sebelas Maret
9. Universitas Sumatera Utara
10. Universitas Negeri Malang

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di as CIVITAS dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke Undana & Perguruan Tinggi Indonesia yang TOP di Dunia Maya

  1. alifis berkata:

    aq setuju pendapat mas Reza IPB. Parameternya memang TOP di dunia Maya, jadi itulah hasilnya walau secara realitas bisa tidak sesuai. Hal ini berkaitan erat dengan kebijakan PT pada teknologi informasi. Realistis utk publikasi di dunia Maya atau Maya dalam realitasnya !. Salut utk Mas Reza.

  2. ini hanya akal-akalan internet saja,,realitanya tidak demikian…jika melihat dari kemapanan kampus IPB menduduki posisi 4 besar..dilihat dari riset juga seperti pendanaan PKM terbanyak yg didanai oleh DIKTI..selain itu civitas akademika iPB banyak yg sukses dan bahkan pejabat, menteri, dan presiden Indonesiapun adalah Alumni IPB…
    BOGOR AGRICULTURAL UNIVERSITY_SEARCHING AND SERVING THE BEST….

  3. febris berkata:

    semoga Undana jadi lebih baik

  4. ical berkata:

    betul bung tulis, kalau sistem tidak bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, ya sekedar slogan tak bermakna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s