Hoax Mars di Akhir Agustus 2010


Anda dapat SMS tentang Mars di 27 Agustus??
Apakah Anda mendapatkan sms, email atau forward di kanal pribadi tentang mars yang mendekati bumi seakan menjadi bulan kedua? Jangan terkejut, terkagum keheranan atau buru-buru tengok di langit timur ! Karena bisa jadi itu adalah Hoax, berita bohong, dan telah berlangsung setiap tahun setiap menjelang agustus !.

Non-q, menerima sms dari temannya di Denpasar sore tadi, bunyinya: “27 Ags 2010 mncul 2 bln” Forward dri Dr. Hendarmin Geolog: Skdar info, langit akan trang karna planet Mars sdg mndkti bumi 2 hr ini & punckny nnti tgl 27agusts Pk. 00.30 shgga hr2 yg dkt dgn tgl 27 akn trliht ad 2 bln. Sebar luaskan karna ini tdk akan prh trjadi lg dlm hidup anda.Klo penasaran buktikan sndiri ok….

Ketika Langit Selatan mengamati Langit Timur
Aq penasaran dan tidak langsung percaya, dihalaman rumah coba ku tengok di langit timur. Memang bulan bersinar terang, dan ada sebuah bintang bersinar tidak jauh dari bulan. sendiri. Itukah?? kok tidak besar, hanya tampak seperti bintang timur di waktu2 lainnya. Aha, kuteringat pada langitselatan, hehe… “Langit selatan” di sini adalah referensi favoritku kalau mencari informasi tentang astronomi, termasuk ketika aq harus mencari sesuatu di langit timur, di langit selatan-pun ternyata dapat diketemukan.🙂

Dan menurut mereka, MARS tidak akan pernah terlihat sebesar bulan dan tidak akan ada dua buah bulan tanggal 27 Agustus 2010 ini !!!

Jadi, Hoax (berita bohong) kah?. Insya Allah begitu, karena berita sejenis ini ternyata berulang setiap tahunnya tersebar !. bahkan sejak tahun 2003 kayaknya. Coba cermati berita yang tersebar di tahun 2007 ini:

Dear all, Malam hari dengan 2 buah bulan. Jangan sampai terlewatkan kesempatan langka yang hanya terjadi dalam 2280 tahun sekali saja!!! Seluruh dunia menantikan planet Bumi kita mempunyai 2 buah bulan pada 27 Agustus 2007 nanti.
Planet Mars akan terlihat sangat terang di langit mulai awal Agustus. Planet Mars akan terlihat sebesar bulan planet Bumi kita dengan mata telanjang saja. Dan puncaknya akan terlihat seperti bulan purnama (full moon) pada tanggal 27 Agustus jam 00.30 malam senin pagi dini hari, saat jarak Mars dengan Bumi kita hanya sekitar 34.65M miles. Jangan sampai terlewatkan untuk ‘menatap’ langit yang akan seperti memiliki 2 buah bulan, karena jarak terdekat seperti itu hanya akan terjadi lagi di tahun 2287 yang akan datang.

Sama khan?🙂, coba aq cek juga di jejaring. Wuahh, ternyata lebih heboh hoaxnya, ditelan mentah2 + sedikit diberi bumbu ! Makin sedap saja. Coba lihat comment forward berikut:

Aduh kasihan ya, Dr. Hendarmin Geolog, kali ini namanya dicatut2. Apalagi ada yang berkomentar kok geolog melintasi bidang astronomi? Semoga Allah mengampuni semua yg trlibat dalam catut mencatut ini.

Data yang insya Allah benar adalah berikut ini:
Tahun 2003, tepatnya tanggal 27 Agustus, Mars berada pada jarak terdekatnya yakni 55.758.006 km, dan oposisi terjadi tgl 28 Agustus. Saat itu Mars memang berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi dan diameter sudut Mars saat itu hanya 25 detik busur. Bandingkan dengan Bulan yang diameter sudutnya 31 menit busur ( 1 detik busur = 60 detik busur). Jarak Bumi – Bulan 384 403 km. Pada kondisi jarak terdekatnya saja, Mars berada 144 kali lebih jauh dari Bulan dan tidak akan pernah terlihat sebesar Bulan, apalagi jika ia makin menjauh dari Bumi.

Tahun 2005, Mars kembali mendekat dengan bumi pada jarak 69 juta km pada tanggal 30 Oktober dengan diameter sudut sebesar 20 detik busur dan mengalami oposisi tanggal 7 November 2005.

Tahun 2007, oposisi Mars akan kembali terjadi tanggal 18 Desember pada jarak sekitar 88,42 juta km dengan diameter 16 detik busur. Jarak Mars saat oposisi tahun 2007 masih lebih jauh dibanding tahun 2003 dan diameter sudutnya juga lebih kecil. Dengan demikian Mars jika dilihat dengan mata telanjang maupun teleskop tidak akan pernah terlihat sebagai obyek yang besar seperti Bulan melainkan hanyalah noktah merah indah yang akan menghiasi langit Agustus setelah lewat tengah malam.

Tahun 2010, Mars akan kembali mendekat dengan Bumi pada tanggal 27 Januari 2010 pada jarak 99,33 juta km, dan akan mengalami oposisi dua hari kemudian pada tanggal 29 Januari 2010. Dan pada kejadian ini pun.. Mars akan tetap tampak sama, sebuah titik merah di langit. Ia tak akan pernah terlihat sama besar dengan Bulan jika dilihat dari Bumi. apalagi di Bulan Agustus ???!!!

Inilah informasi yang cukup meyakinkan berdasarkan kompetensi ilmu pengetahuan, kecuali Allah Berkehendak Lain. Allahu Akbar !!

Silahkan baca rujukan artikel berikut:
[1] Planet Mars Sebesar Bulan? Tentu Tidak
[2]010. Dan pada kejadian ini pun.. Mars akan tetap tampak sama, sebuah titik merah di langit. Ia tak akan pernah terlihat sama besar dengan Bulan jika dilihat dari Bumi. apalagi di Bulan Agustus ???!!!

Inilah informasi yang cukup meyakinkan berdasarkan kompetensi ilmu pengetahuan, kecuali Allah Berkehendak Lain. Allahu Akbar !!

Silahkan baca rujukan artikel berikut:
[1] Planet Mars Sebesar Bulan? Tentu Tidak
[2] Benarkah Mars Mendekat ke Bumi 27 Benarkah Mars Mendekat ke Bumi 27 Agustus?
[3] Ketika Mars Kembali Mendekati Bumi di Tahun 2010 (Dan Bukan Yang Hoax)

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di aQ berPole-MIX dan tag , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Hoax Mars di Akhir Agustus 2010

  1. siapa aj dah berkata:

    🙂 mars planet kering,
    😉 venus sang dewi cinta,
    😀 bumi rumah kita,
    merkurius planet merah,
    raksasa yupiter,
    saturnus planet bercincin,
    uranus planet biru,
    neptunus planet terjauh.
    sayang banget yach pluto sekarang udah dikeluarin sebagai planet namanya di ganti lagi jadi nomor aj(14… aduh apa yah lanjutannya)

  2. lupppyzz berkata:

    bener banget tuch..jangankan mars planet lain jga keliatan dari bumi,tpi aa sendiri gx bisa ngebedain mana planet yang keliatan dari bumi dan yg mana bintang wkwkwk🙂 vs😦

  3. gak usah mars venus aja setiap pagi terlihat kok, lha ini juga mars juga sering terlihat seperti bintang warnanya merah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s