Eksperimen 1_MILLIKAN OIL DROP


Selama periode tahun 1909 – 1913, Robert A Millikan (1868 – 1953) mempresentasikan suatu set eksperimen tentang pengukuran muatan elementer elektron e, dan mendemonstrasikan sifat kuantitasi muatan elektronik. Diagram pada gambar 1 menunjukkan peralatan Millikan yang terdiri dari dua plat logam sejajar (i.e sebagai lempeng kapasitor sejajar). Muatan tetes minyak disemprot dan akan melewati lubang kecil (pin hole) bagian atas lempeng. Berkas cahaya (i.e. sinar X) diarahkan secara horisontal untuk mengiluminasi tetes tersebut agar mudah teramati via teleskop yang sumbunya tegak lurus terhadap berkas cahaya tersebut. Dalam keadaan ini, tetes-tetes minyak tersebut tampak sebagai ‘bintang terang’ (Millikan Shinning Stars) yang dilatarbelakangi oleh kegelapan layar, dan kecepatan gerak tetes ini dapat ditentukan.

Dengan anggapan bahwa satu tetes minyak jatuh yang bermassa m dan membawa muatan q, dan bermuatan negatif yang teramati.Dengan memberikan medan listrik dengan cara menghubungkan lempeng-lempeng pada suatu baterei (V), maka timbul gaya listrik yang akan bekerja pada muatan tetes minyak tersebut, yakni qE.

Karena q negatif dan E mengarah ke bawah, maka gaya listrik ini akan mengarah vertikal ke atas seperti pada gambar 2(b). Jika gaya ini cukup besar, tetes minyak akan bergerak ke atas dan gaya gesek akan mengarah ke bawah. Ketika terjadi keseimbangan antara gaya listrik, gaya gravitasi dan gaya gesek, tetes minyak tersebut mencapai suatu kecepatan terminal baru, yakni v’.
Setelah melakukan pengukuran pada ribuan tetes minyak yang jatuh, Millikan dan kolaborator-kolaboratornya menyimpulkan bahwa muatan tetes minyak merupakan kelipatan bilangan bulat dari muatan elementer elektron, yakni:
q = ne n = 0, -1, -2, -3, …

TUJUAN PERCOBAAN.

• Mengukur besarnya muatan elementer elektron (e) dengan metode tetes minyak ( oil drop)
• Mendemonstrasikan sifat kuantisasi muatan elektronik

Prosedur selengkapnya klik disini !

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Fisika Eksperimental dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s