Latihan dan Tugas Diskusi Grup Termodinamika


LATIHAN DAN TUGAS DISKUSI
MK. THERMODINAMIKA
HARI/TANGGAL : Selasa, 05 April 2011

A. KONSEP FISIS

1. Apakah yang anda ketahui tentang:
a. Tekanan (pressure), Tekanan hidrostatik (Ph), Tekanan Absolut (Pabs), Tekanan Pengukuran (Pgauge) , dan Tekanan Atmosfer (Patm)?
b. Volume (V), Volume jenis (v), Volume jenis molar (v*) dan rapat jenis () atau massa jenis!
c. Suhu (temperature), panas atau kalor (heat), hubungan antara derajat Fahrenheit, Celcius, Reamur dan Kelvin, serta Hukum ke-Nol Termodinamika
2. Jelaskan definisi dan atau konsep fisis dari istilah-istilah berikut ini:
a. Sistem, Lingkungan, Sistem Termodinamika, Sistem Terisolir, Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka, Keadaan Sistem Makroskopis dan Mikroskopis!
b. Gas Ideal, Persamaan keadaan Gas ideal, Persamaan Van der Waals, Energi dalam (U), dan Hukum ke-I Termodinamika!
c. Proses Quasistatis, Perubahan Keadaan Termodinamika (Isobarik – Isokhorik – Isotermik – Adiabatik dan Siklik )!

3. Turunkan Usaha atau Kerja Sistem Termodinamika beserta grafik hubungan P-V dan P-T untuk keadaan-keadaan termodinamika berikut ini:
a. Isobarik dan Isokhorik
b. Isotermik dan Adiabatik
c. Siklik

B. SOAL HITUNGAN
1. Suatu zat diketahui mendidih pada suhu 78,5oC dan membeku pada suhu -117oC kalau tekanan luar sebesar 1 atm. Konversikan kedua suhu ini kedalam Fahrenheit, Reamur dan Kelvin!
2. Apabila seseorang membuat sebuah thermometer yang disebut dengan thermometer X. Misalkan pada thermometer ini air membeku pada suhu 10oX dan air mendidih pada suhu 160oX. Bagaimanakah hubungan thermometer ini dengan thermometer derajat Celcius ?.
3. Rapat massa gas nitrogen pada keadaan normal (0oC, 1 atm) adalah 1,25 kg/m3. Berapakah rapat massa nitrogen pada suhu 43oC dan tekanan 730 mm Hg?
4. Dalam suatu mesin, suatu gas ideal dikompres secara adiabatis menjadi setengah volume mula- mula. Sehingga pada saar itu kerja 2350 J dikerjakan pada gas. (a) berapa banyak panas yang masuk atau keluar gas (b) berapakah perubahan energi internal gas (c) Bagaimanakah dengan temperaturnya ?
5. Andaikan 2 mol gas nitrogen pada volume V 1 = 3,5 m 3 dan temperatur T 1 = 300 K mengembang secara isotermal menjadi V 2 = 7 m 3 dan T 2 = 300 K. Tentukan (a) kerja pada gas (b) panas yang ditambahkan atau keluar pada gas (c) perubahan energi dalam gas
6. Suatu gas ideal dengan tekanan mula-mula P1 dan Volume V1 dipanasi pada volume constant hingga tekanan dilipatduakan (P2=P1), kemudian dibiarkan mengembang secara isothermal hingga tekanan turun ke harga mula-mula, kemudian ditekan (kompresi) lagi pada tekanan konstan hingga volumenya turun ke harga mula-mula.
a). Buatlah sketsa diagram p-V dan diagram p-T dalam proses tersebut.
b). Tentukan kerja dari seluruh proses bila n = 2 mol, p1 = 2 atm dan V1= 4 cm3.

Tugas didiskusikan dan dikerjakan di kelas, dan dikumpulkan ringkasan diskusinya pada saat presentasi kelompok. Koordinator MK membagi 3 kelompok berdasarkan pengacakan absensi. Kelompok I mengerjakan soal no.1 konsep, soal no. 1 dan 2 soal hitungan. Kelompok II soal no. 2 konsep dan soal no, 3 dan 4 soal hitungan, serta Kelompok III mengerjakan soal no. 3 konsep serta soal hitungan no. 5 dan 6. Terima Kasih.

Selamat Berdiskusi !!!

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Tugas Matakuliah dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Latihan dan Tugas Diskusi Grup Termodinamika

  1. Anonim berkata:

    Tolong di jawab tugas saya dulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s