Flash Modem : Si Mungil yang Sarat Manfaat


Ku awali dengan cerita. Aq pernah menuliskan artikel tentang Ngoprek Pentium2 MMX dengan Windows 95B di April 2010, dan Malam sehabis Maghrib tadi aq kedatangan rekan, pk Totok yang ngajar di Politani, dalam rangka ‘masalah’ tentang komputer juga. Memangnya apa hubungan kedua-nya?

Iya, pk Totok-lah pemilik PC jadul yang aq oprek tahun lalu. Dan malam tadi, Beliau minta di-settingkan supaya hp bermerak cross yang dimiliki anaknya, si Fadil, bisa berfungsi menjadi modem. Lah kok tiba-tiba…, tidak !!! karena sebelumnya aq sempat bilang ke pk Totok kalau hp-nya Fadil bisa dijadikan modem, saat beliau antar si Fadil yang minta tolong diinstall-kan game-game berbasis java di hp-nya. Nah, mungkin karena penasaran dan mengalami ‘kemacetan’, Beliau datang ke rumah.

Omong-omong tentang modem – sejak booming internet mobile, barang yang dikemas dalam bentuk flash modem atau ditempelkan di hp sebagai fitur tambahan ini, telah menjadi pilihan utama orang-orang yang menginginkan mobilitas dan kepraktisan dalam ber-selancar di dunia maya. Bahkan, dalam minggu-minggu terakhir ini, ada 5-an rekan2 di kampus yang mulai ‘ngeh’ dengan kemudahannya, minta tolong untuk di-settingkan flash modem yang baru dibelinya. Rekan2 tersebut bukannya tidak bisa, Toh di setiap paketnya sudah ada help-nya. bahkan kalau mau sedikit meluangkan waktu, di internet ada ‘bejibun’ posting tentang bagaimana men-setting flash modem-nya.Tetapi rekan2 lebih menerapkan ‘azas’ efisien dan efektif untuk bisa segera menggunakannya, tanpa repot2 mendalami ‘jerohan’-nya.

Flash modem saat ini, mudah menggunakannya, makin murah harganya (saat ini 250 ribu-an, 2009-an dulu masih 800 ribu-an), semakin kecil ukurannya dan bisa diselipkan dimana saja, hehe.. Bentuknya semakin praktis. Aq bandingkan dengan punya-q yang model jadul, masih ber-antena. Tapi tetap bandel sampai saat ini. Anda bisa baca tulisanq tentang flash modem jadul-q ZTE CDMA 1x di artikel Musim Angin dan 3 Ilmu HitamQ yang aq posting di Agustus 2009.

Home, Sweet Home.
Coba bayangkan, kalau kita menggunakan fasilitas warung internet. Sebuah potret ‘keadaan’, yang harus disikapi dengan bijaksana dengan keterbatasan ‘ruang’ dan ‘waktu’nya. Ruang, yang diwakili sebuah bilik yang berukuran kecil, bersempit-sempit dengan tempat duduk terpojok-pojok, sehingga siku, pantat dan kaki terbentur-bentur. Waktu, menjadi parameter utama. Kita tidak boleh lengah saat berada dalam ‘ruang’nya. kalau lemod, segera saja kabur, daripada terpenjara dalam ruang ‘terkungkung’ dan menghadapi waktu tak ‘ berpenghujung’.

Hotspot? ini alternatif paling menyenangkan, apalagi gratisan. Tapi khan tidak disemua tempat ada fasilitas yang satu ini. So, flash modem tetap jadi andalan yang selalu ‘siaga’ – siap, antar dan jaga !!!.

Nah, kalau dirumah, atau dimanapun ketika tiba-tiba membutuhkan data ‘penting’, cukup colok di port USB flas modem yang qt punya, connect-kan maka jadilah. Tidak perlu ribet lagi dengan kabel telepon, tidak perlu ribut lagi, rebut-an jalur telkom, tinggal colok… belahan dunia lain-pun ada di depan mata kita.

Bagaimana dengan hp yang smakin canggih saat ini? memang memiliki kelebihan dalam keterpaduan ‘genggaman’nya. Tapi, saat seperti aq menuliskan coretan di blog ini, flash modem dengan ‘lenovo’ lebih nyaman dan menyenangkan dalam menemani berselancar dibanding dengan ironi ‘mungil’nya hp online.

lain kolam lain ikannya
lain orang, lain kesannya…🙂

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Remah2ilmu dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Flash Modem : Si Mungil yang Sarat Manfaat

  1. faisal berkata:

    terimakasih ats informasi nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s