Tentang Gelombang Otak



Kalau selama ini, ada lintasan pemikiran-q dalam memahami setiap fenomena hipnotis, telepati, sulap/magic, Lucid dream, dll, apakah masuk dalam kajian simulasi saintis atau problem spiritual, maka ternyata lebih menarik kalau dikaji dari aspek psikotronika saja berbasis fisika gelombang, hehe…

Dalam materi Fisika, salah satu pembahasan yang tidak pernah usang, bahkan semakin nyata manfaatnya adalah Gelombang. Seiring perkembangan ilmu dan teknologi, terapan gelombang juga turut menyelusup di semua sektor kehidupan tanpa kecuali. Dari aplikasi ‘dunia tak terlihat – tak kasat mata sampai dunia makro alam semesta.

2 Bulan yang lalu, aq menemukan sebuah buku yang menguak tentang Gelombang Otak, hal yang sejak lama memang ingin q-tahu. Dan dengan cara ‘menyicil’ aq sempatkan baca. ‘Bagus sekali’, itu komentar-q.

Kalau selama ini dalam Fisika Dasar, daya jelajah gelombang ya sekitar gerak harmonis, gelombang mekanik, gelombang elektromagnetik beserta sub-sub bahasan turunannya yang terliput dalam konsepsi, formulasi dan deskripsi terapannya. Di fisika medis, yang aq coba pelajari, terapan berkaitan dengan otak, ya tidak jauh2 dari EEG (Electro Ensevalo graphy) atau MEG (Magneto Ensevalo Graphy), disertai dengan gambaran bagaimana menangkap aktivitas kelistrikan atau kemagnetan otak ketika bekerja, dan pola gelombang yang mencitrakan sebuah otak dalam keadaan normal atau mengalami kelainan.

Tapi setelah membaca buku ‘ kedahsyatan dan kekuatan gelombang otak’ karya Djohan Gunawan itu, bertambahlah pengetahuan-q,🙂 . Anggap-lah ini promosi gratis bagi Pak Djohan, tapi sesungguhnya tanpa aq tulispun, bukunya banyak memiliki manfaat bagi semua orang.


Tapi sekali lagi, ‘Ngeh’ yang q-punyai baru taraf ‘agak’ ya..karena baru sebatas pemahaman teoritis yang dapat aq hubungkan dengan ilmu fisika yang sedikit aq fahami. Yang menarik dari pengalaman baru ini adalah aspek teknologi informasi dari sisi software-hardware juga berperan, yaitu Brain Computer Interface ( kayaknya aq menemukan topik menarik untuk ber-semangat mau sekolah lagi, xixi …baru sebatas mimpi, yang ingin segera diwujudkan). Nah !!! apanya yang kurang?

Sebagai referensi web, anda perlu berkunjung ke psikotonika.com-nya Djohan Gunawan, atau mampir juga di gelombangotak.com-nya Bang Ajib.

Karena lagi interes, mungkin ada manfaatnya, aq coba meng-upload artikel berseri tentang gelombang otak, baik yang aq sadur dari 2 sumber diatas, atau apa yang menjadi pemahaman sementara aq tentang gelombang otak.

Anda tertarik ???

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Fisika Instrumentasi, Fisika Kesehatan dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Tentang Gelombang Otak

  1. Ifsan Febriadi berkata:

    gelombng otak manusia

  2. Kami Menunggu updatenya untuk Bab 1. PENDAHULUAN : Hubungan Ilmu Fisika dan Ilmu Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s