Jangan Tidur dari Ilmu dan Ikatlah dengan Tulisan


” Ilmu itu binatang buruan dan tulisan adalah pengikatnya
Ikatlah binatang buruanmu dengan tali yang kuat
Adalah kedunguan jika kamu memburu rusa
Lalu membiarkannya bebas tanpa diikat ”

Seorang Ilmuwan Sejati tidak pernah dan tidak akan tidur dari mencari ilmu. Seandainya datang kepadanya berbagai inspirasi pada saat-saat istirahatnya maka diapun akan bangun memburu inspirasi tersebut sebelum inspirasi yang menghampirinya kabur karena dia sadar apa yang sudah berlalu sulit untuk kembali.

Beberapa nasihat seputar menuntu ilmu:
– Ilmu itu teman dalam kesepian, sababat dalam keterasingan, pengawas dalam kesendirian, petunjuk ke arah jalan yang benar, penolong di masa sulit seta simpanan setelah kematian.
– Orang yang berkesempatan membaca adalah orang yang bahagia. Sebab, ia bisa memetik bunga dari taman alam semesta, bisa berkeliling mengitari keajaiban dunia dan bisa melipat waktu dan tempat.
– Di antara sekian banyak faedah membaca adalah melancarkan lidah, mengembangkan akal, menjernihkan pikiran, menghilangkan keresahan, mengambil pelajaran dari berbagai pengalaman, dan memetik nilai-nilai keutamaan.

– Tidak ada yang lebih berfaedah daripada buku; tidak ada yang lebih memberikan petuah daripada kuburan; tidak ada yang lebih membawa sial selain kemaksiatan; tidak ada kekayaan yang lebih baik daripada rasa puas dengan apa yang ada.
– Ilmu itu akan melapangkan hati, meluaskan cara pandang, dan membuka cakrawala sehingga jiwa dapat kelura dari berbagai keresahan, kegundahan dan kesediahan.
– Jika manusia itu sudah mengenal diri dan ilmu yang tepat baginya, lalu dilaksanakannya dalam bentuk yang sesempurna mungkin , maka ia akan memperoleh nikmatnya keberhasilan dan lezatnya kemenangan.

sumber: kopertis12.or.id

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Remah2ilmu dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s