Koreksi Terhadap Rumus ABC__Rumus ABC tandingan !


Ternyata aq belum mampu menguasai LaTeX dalam waktu singkat, karena berbagai kendala, terutama karena waktu… hehe alasan klasik. Aq harus bagi waktu kasih makan ayam, angsa yang anak2nya cepat skali kelaparan, ditambah kucing yang menggesek2kan tubuhnya di kaki pertanda lapar juga, hehe. Yang utama, bagi waktu dengan anak-istri. Yah, aq manusia dengan seribu satu alasan, biar tidak dikatakan malas dan bodoh ( padahal begitu kenyataannya ).

Nah, untuk lebih menunjukkan kemalasanku ( akhirnya jujur, tanpa alasan🙂 ), aq sertakan cuplikan-cuplikan pembuktian dari mana rumus abc itu bisa didapatkan ! Aq comot saja sekaligus aq sertakan sumber blog-nya, dengan harapan dimaafkan ! Sebelum break, maunya tidak aq sertakan cuplikannya, hanya link blog sumbernya saja, tapi..ehhh, dalamnya keinginan siapa bisa ukur ! Ada pertimbangan lebih, bagi pembaca yang males mondar-mandir di multi-Tab, lebih mudah tinggal tekan scroll-bar saja. Jadi inilah adopsi ‘sifat-sifat’ pemalas !. Di akhir tulisan, aq suguhkan penurunan rumus abc tandingan !. Silahkan di cek ya ?!

Pertama pembuktian yang menggunakan ‘melengkapkan kuadrat’, terdapat di dumatika.com, mate-mati-kaku.com, dan Rumah Belajar.com serta wikipedia
berikut cuplikan-cuplikannya :
dari dumatika.com —————

dari mate-mati-kaku.com —————

dari rumah belajar.com —————-

dan yang unik dengan metode integral, dari ariaturns.com berikut ini :

Nah sekarang saatnya menurunkan ilmu kanuragan tingkat tinggi, ( hehe…🙂 ), yaitu rumus abc pembanding, pendamping, ehh yang benar rumus abc ‘tandingan’!

Rumus ini bukan aq yang menurunkan ! Tahu sendirikan ‘pemalas’ !. Dengan cukup memanasi telinga ‘orang matematika’ (maksudq hanya tertuju pada rekanq di kampus jurusan Matematika, yaitu pak Ariyanto yang alumni UGM) bahwa rumus abc itu salah (hehe…provokasi !! ), ‘kuno’, tidak akurat dan tidak general, dan aq punya rumus yang lebih, lebih, lebih baik dari sudut apapun, maka kita cek dan uji beberapa kasus sederhana yang dibuat Beliau ! Hasilnya : TAJIR !! (Pembaca bisa cek juga dengan rumus di tulisan_01 bagian akhir).

Untuk cek lebih lanjut, akhirnya kami berbagi peran. Aq yang menguji lebih lanjut di komputasi numeriknya, sedangkan Pak Ariyanto yang membuktikan ekivalensi antara rumus abc klasik dan rumus abc tandingan. karena penasaran, sorenya ada sms untukq : “pak aq sudah buktikan, memang ekivalen !”, Nah inilah coretan Beliau yang sudah aq ketik di equation editor !

Nah, pembaca bisa menguji kedua rumus diatas, yaitu rumus abc ‘klasik dan legendaris’ dengan rumus abc ‘tandingan’ yang sudah diturunkan diatas ! Pada tulisan berikutnya, aq akan membahas perbandingan kedua rumus itu, tentu dengan kenekatan atas kedangkalan ilmu matematikaq, hehe…

Selamat menguji !!!

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di aQ berPole-MIX, as CIVITAS dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Koreksi Terhadap Rumus ABC__Rumus ABC tandingan !

  1. aljo berkata:

    itu baris ke 4 kok hilang a nya kemanakah,,,?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s