ISYA 2013 : Catatan Kecil__02


Menarik disimak, ketika sy awalnya mencari ISYA 2013, ternyata ketemu juga official website ISYA 2011 dan 2012, yang berturut-turut diselenggarakan di Lijiang Cina dan Cape Town Afrika Selatan.

ISYA 2013 terselenggara berkat kerjasama IAU, LAPAN dan ITB. IAU (International Astronomical Union) memiliki Kegiatan utama sebagai organisasi pertemuan ilmiah. Setiap tahun IAU mensponsori sembilan Simposium internasional IAU, dan ISYA adalah program IAU untuk mempromosikan pendidikan astronomi dan penelitian di negara-negara berkembang. kegiatan lain, diantaranya Pengajaran Pengembangan Astronomi (TAD), dan World Wide Pengembangan Astronomi (WWDA), serta melalui kegiatan pendidikan bersama dengan COSPAR dan UNESCO. LAPAN dan ITB, adalah lembaga yang paling representatif menyelenggarakan ISYA 2013. Sumberdaya Astronomi melimpah dan berkualitas. Program Studi Astronomi ITB, dengan Boschaa-nya yang di Lembang. Demikian juga LAPAN yang memiliki sumberdaya mumpuni dan otoritas pengkajian wilayah atmosfer dan langit di Indonesia. Dan wajar kegiatan sekolah yang berlangsung 3 minggu, terpola dengan sangat baik dan sukses.

IMG_3388

ISYA 2013 berlangsung sejak 26 Agustus sampai 13 September 2013, jumat mendatang di Gedung Assesment Center, Kampus Lembaga Administrasi Negara, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Kawasan yang sejuk, di perbukitan, jauh dari kawasan penduduk, tapi dengan fasilitas yang cukup lengkap. Ceritanya, Partisipan (setelah usai kegiatan disebut Astronom Muda) dikondisikan fokus pada kegiatan sekolah dengan programna yang sudah terencana. Berjumlah 40 orang partisipan mengikuti ISYA 2013 , separuhnya berasal dari mancanegara, seperti Filipina, Malaysia, Thailand, Cina, Taiwan, Kamboja, Vietnam, India, Srilangka, dan Nepal. Semua materi berkualitas, dan antara lain disampaikan oleh Prof. Jean Pierre De Greve (Belgia), Prof. Michele Gerbaldi (Perancis), Prof. Kam Ching Leung (USA), Prof. Alexandre Lazarian (USA), Prof. Philippe Durouchoux (Perancis), Prof. Mamoru Doi (Jepang), Prof. Udaya Shangkar (India), dan Prof. Michel Dennefeld (Perancis). Beliau-beliau astronomer mumpuni dan kelas dunia, memberikan ilmu-ilmu Astronomi yang baru saya kenal dan dibawakan dengan sangat menarik dan intens. Cuaca antariksa, sains antariksa, kosmologi, galaksi, asal-muasal dan evolusi galaksi, pengamatan antariksa, serta instrumentasi pengamatan. Diselingi dengan kuliah umum ( Public Lecture) disampaikan oleh peneliti astronomi dari Lapan Prof. Thomas Djamaludin dengan topik berjudul The Impact of Space Weather in Modern Life pada Senin, 26 Agustus 2013. berlanjut Selasa, 3 September, Prof. Nat Gopalswamy dari NASA menyampaikan topik berjudul Many Faces of The Sun di Auditorium Gedung Graha Giri Wisesa LAN Jalan Kiara Payung Km.4,7 Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, dan terakhit kemarin siang, 10 September, Prof, Bambang Hidayat dari ITB menyampaikan topik Cultural Aspect of Astronomy Education. Bagi aq yang selama ini bergelut dengan akademik di kampus, bersentuhan dengan instrumentasi Fisika, merasakan betul arti sekolah ini. Ilmu baru, kajian-kajian Astronomi yang lebih dalam, mengetahui landasan metode2nya, bahkan praktek observasi malam disertai pengolahan datanya. Mana kenal dengan IRAF sebelumnya, Kapan bisa lebih dekat lagi dengan Linux. Bahasa Inggris, 3 minggu praktis telinga kita beradaptasi dan nerinteraksi dengan bahasa universal ini. Aspek Komunikasi ilmiah internasional, hal yang sangat lekat selama ISYA berlangsung. Luar biasa… Buka mata, buka telinga, buka fiiran dan wawasan.

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s