BSNP & Uji Publik Draf Standar Isi


Pada tahun 2017, BSNP melakukan revisi terhadap Standar Kompetensi Lulusan dan Standar isi, dan Standar Pengelolaan. Selain itu pada tahun ini pula BSNP mengembangkan standar pendidikan kesetaraan. Kegiatan ini melibatkan sepuluh orang tim ahli untuk masing-masing standar. Mereka berasal dari akademisi, praktisi, birokrat, dan pemerhati pendidikan di Indonesia.
Salah satu tahapan yang mesti dilakukan dalam melakukan revisi atau pengembangan standar adalah uji publik draf standar. Sehubungan dengan hal tersebut BSNP telah melakukan uji publik draf standar isi di sebelas provinsi pada bulan Agustus. Dalam pelaksanaannya, kegiatan uji publik ini dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pada tanggal 11-13 Agustus, tahap kedua pada tanggal 18-20 Agustus, dan tahap ketiga pada tanggal 26-28 Agustus 2017. 

Untuk provinsi NTT, dilaksanakan pd tanggal 26 Agustus 2017, bertempat di Hotel Aston. Sepuluh provinsi lainnya, yaitu  Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jawa Barat, DIY, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Bali, dan NTT.


BSNP bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi, khususnya dalam mengirimkan undangan kepada para responden dari satuan pendidikan dasar dan menengah. Sedangkan untuk responden dari perguruan tinggi, undangan dikirim langsung oleh BSNP. Di setiap provinsi, BSNP mengundang lima belas orang sebagai responden untuk masing-masing standar.

Tujuan uji publik adalah untuk mendapatkan masukan dan responden dari aspek keterbacaan, keterlaksanaan, kesesuaian, dan ketercapaian standar. Untuk itu, BSNP menyediakan instrumen khusus untuk uji publik. Selain itu, BSNP juga melakukan focus group discussion (FGD) atau diskusi kelompok terpumpun untuk menggali lebih jauh pendapat responden terhadap draf standar.

Sy diundang sbg  salah satu peserta dr Perguruan Tinggi, mewakili d

Dosen Fisika non PTK utk Standar IPA Fisika tingkat Dasar & Menengah,  bersama dengan Bpk Dr. Wayan Sukarjita, SP.d, M.Si, Secara umum responden sangat antusias dan responsif terhadap rancangan standar, khususnya di FGD dimana seluruh bidang MIPA berkumpul dlm 1 ruang dipandu Bpk. Dr.  Totok Supriyanto, Ka Balitbang Kemdikbud. 

Usulan, masukan dikemukakan sebagai upaya menjadikan Draf Standar Isi semakin baik. Hal ini menunjukkan bahwa standar yang dikembangkan BSNP merupakan sebuah konsensus dari berbagai pemangku kepentingan dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya standar telah meningkat.

Usulan Bidang Fisika dari NTT. 

Standar Isi Dikdasmen muatan Fisika, meliputi 3 aspek yaitu Tingkat Kompetensi, Kompetensi & ruang lingkup materi. Tingkat Kompetensi terdiri kelas 1-3, 4-6 SD/MI, 7-9 SMP/MTs, 10-12 SMA/MA. Kompetensi siswa meliputi Sikap Spiritual, Sikap Sosial, Pengetahuan & Ketrampilan. Ruang Lingkup meliputi materi2 yg dibahas di tiap Tingkatan Kompetensi. 

Seiring dengan pendidikan berkarakter, maka Kompetensi diatas sdh mencakup maksud tersebut,  sehingga materi tidak sekedar menyentuh aspek kognitif,  tetapi terintegralistik dg spiritual, afektif,  psikomotorik, lingkungan. 

Tanpa kami sepakat lbh dahulu, Bapak Dr Wayan mengupas koreksi & masukan ttg kesesuaian Materi & gradasi kompetensinya. Sedikit tambahan masukan di Materi, sy masuk di Kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, Pengetahuan & ketrampilan. 

Struktur & sebaran Materi muatan Fisika yg disusun staf ahli BSNP sdh cukup komprehensif, perlu diperjelas sungguh materi Fisika yg tersebar dr SD/MI sd SMA/MA. Perubahan signifikan pd materi Batuan yg dianulir, digantikan materi sains Antariksa. Tumpang tindih, pengulangan subjek materi betul2 sdh diprediksikan sehingga subjek lebih terurut,  efisien & efektif. 

Untuk Draf yg sdh sy koreksi,  sy lampirkan Link pdf nya. Usulan utama yg sangat urgensi adalah aspek disiplin, yg tdk tersentuh oleh sikap sosial.

Menurut BSNP Buletin, Sebagai tindaklanjut dari uji publik, tim ahli akan melakukan revisi draf standar berdasarkan masukan dan usulan responden yang dianggap layak untuk diakomodasi. Proses keseluruh pengembangan standar ini diharapkan selesai pada bulan November. Selanjutnya BSNP akan merekomendasikan rancangan standar kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk ditetapkan menjadi Peraturan Menteri.

Smoga bermanfaat.

alifis@corner 

28092017 10:25

Iklan

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Alifis as CIVITAS, Remah2ilmu dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke BSNP & Uji Publik Draf Standar Isi

  1. alifis berkata:

    Trimakasih pak Isnaeni, 🙂

  2. ISNAENI berkata:

    Sangat penting untuk diperhatikan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s