LinQ-ngan

o Analisa Polutan Udara
o Dasar-Dasar Getaran & Pengukurannya
o Dasar-Dasar Pengukuran Kebisingan
o Endapan Asam (Acid Deposition)
o Konsep Dasar tentang Kebisingan
o Pengelolaan Limbah Padat

METEOROLOGI
Rincian:
» Cuaca Umum (hari ini)
» Cuaca Umum (esok)
» Cuaca Dunia (hari ini)
» Cuaca Dunia (esok)
» Maritim
» Peringatan Dini
» Siklon Tropis
» Kebakaran Hutan

KLIMATOLOGI

berdasarkan hasil pengamatan dan pemantauan data dari kurang lebih 4000 stasiun pengamatan hujan yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk keperluan prakiraan musim, maka dari stasiun-stasiun pengamatan hujan tersebut dapat dibagi menjadi 220 Zona Musim (ZOM).

Untuk informasi bulanan diperoleh dari pengamatan 167 jaring-jaring stasiun BMG seluruh Indonesia. Kemudian diproses menjadi Prakiraan Curah Hujan Bulanan dalam mm, Prakiraan Sifat Hujan Bulanan, Ketersediaan Air Tanah serta Informasi Klimatologi untuk beberapa kota di Indonesia.

Berdasarkan distribusi data rata-rata curah hujan bulanan, umumnya wilayah Indonesia dibagi menjadi 3 (tiga) pola hujan, yaitu :

Pola hujan monsun, yang wilayahnya memiliki perbedaan yang jelas antara periode musim hujan dan periode musim kemarau kemudian dikelompokan dalam Zona Musim (ZOM).

Pola hujan equatorial, yang wilayahnya memiliki distribusi hujan bulanan bimodial dengan dua puncak musim hujan maksimum dan hampir sepanjang tahun masuk dalam kreteria musim hujan.

Pola hujan lokal, yang wilayahnya memiliki distribusi hujan bulanan kebalikan dengan pola monsun.

KUALITAS UDARA

Sejak tahun 1976 Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah melakukan pemantauan terhadap beberapa parameter kualitas udara yang berdampak negatif terhadap keselamatan dan kesehatan masyarakat. Pendirian jaringan pemantauan kualitas udara di Indonesia berkaitan erat dengan program-program Badan Meteorologi Se Dunia (WMO) antara lain Program Global Ozone Observing System (GO3OS) di tahun 1950-an, Program Background Air Pollution Monitoring Network (BAPMoN) di tahun 1960-an, Program Global Atmosphere Watch (GAW) tahun 1989 dan Program GAW Urban Research Meteorological and Environment (GURME) tahun 1999. Sampai saat ini stasiun pemantau terdiri atas 26 stasiun pemantau kimia air hujan(KAH) serta 37 stasiun pemantau konsentrasi debu (SPM).

Sampai saat ini BMKG memiliki 43 jaringan stasiun pemantau kualitas udara. Dari 43 Stasiun/ Unit Kerja Pemantau Kualitas Udara, melakukan pengamatan parameter kualitas udara sebagai berikut: Sebanyak 41 Stasiun melakukan pengamatan SPM (Suspended Particle Matter), dan 29 stasiun diantaranya selain SPM juga melakukan pengamatan komposisi kimia atmosfer/tingkat keasaman/kimia air hujan.

Lima (5) stasiun berada di wilayah DKI Jakarta, dan khususnya di kantor Pusat BMKG Jakarta selain melakukan pengukuran SPM dan komposisi kimia air hujan, juga melakukan pengukuran SO2, NO2, aerosol dan ozon permukaan. Sedangkan di Stasiun Global Atmosphere Watch (GAW Station) yang berlokasi di Bukit Kototabang- Sumatera Barat yang terletak pada posisi 00o 12′ 17″ LS dan 100o 19″ 15″ BT pada ketinggian 864.5 meter di atas permukaan laut, dilakukan pemantauan parameter kualitas udara yang lebih komprehensif, meliputi : Aerosol PM10,PM2,5,NO2,SO2,CO,O3,Gas Rumah Kaca (CH4, CO2,N20,SF6) dan radiasi UV-B

Fungsi stasiun GAW adalah untuk mengkoordinasikan pengamatan dan penelitian perubahan komposisi atmosfer dengan tujuan : – Memahami peranan kimia atmosfer kaitannya dengan perubahan iklim regional-global. – Mengevaluasi pengaruh kimia atmosfer terhadap lingkungan. Dalam hal ini berkaitan dengan pengendapan unsur yang berbahaya di bumi, ekosistem laut dan air tawar, siklus alami dari unsur kimia pada sistem global atmosfer, samudera dan biosfer. Pemantauan kualitas udara pada Stasiun GAW yang dilakukan saat ini, meliputi parameter NO2, SO2, aerosol, ozon permukaan, radiasi matahari, CO, CO2, PM10, PM2,5 , Flask Sampling.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s