Relief Dunia Maya : Lain Dunia, Bukan Dunia Lain



Dari wikipedia, relief itu memiliki makna : (1) pahatan yg menampilkan perbedaan bentuk dan gambar dr permukaan rata di sekitarnya; (2) gambar timbul (pd candi dsb); atau (3) perbedaan ketinggian pd bagian permukaan bumi.
Kemudahan pencarian makna kata, yang tidak mengharuskan kita buka-buka lagi kamus besar WJS Poerwodarminto (kalau tidak salah, sudah lama tidak buka…). Inilah dampak dari teknologi komunikasi dan internet. Semua konten tentang ‘apa saja’ yang ada di dunia nyata, bisa didapatkan di dunia maya. Sekali lagi, ‘maya’ sehingga erat hubungannya dengan sebentuk persepsi otak yang dikolaborasi dari pengalaman nyata.

Keterbatasan visualisasi dunia nyata-pun dalam dunia maya bisa dimodelkan seakan-akan mirip dengan kenyataannya. Dampak lanjutannya, bagi yang tidak ‘siap’ meletakkan porsi ‘nyata’, ‘maya’ dan batas antara ‘nyata’ dan ‘maya’ dari perkembangan teknologi, menimbulkan ketidakseimbangan psikologis, sehingga timbul istilah ‘imsonia’ bagi orang-orang yang ‘hilang sesaat’ – LOST, dari kehidupan nyata, walau secara fisik berada dalam interaksi lingkungan, karena lagi asyik BBM-an, FB-an, TT-an dan makhluk sejenisnya.

Anda tentu sudah membaca kehebohan, “Ibu Asyik dengan BBM, Bayi Meninggal Tertimpa Bantal”, yang menjadi pelajaran berharga, betapa kemajuan teknologi saat ini juga membawa dampak fenomenal “MENDEKATKAN YANG JAUH DAN MENJAUHKAN YANG DEKAT”. Qta semua faham, yang pertama baik, yang kedua yang buruk.

Dunia maya adalah lain dunia, tapi keberadaannya ada disekeliling kita. Bukan entitas yang ada di dunia lain. Bukan dunia lainnya yang berbau ‘mistik’ dan bukan juga di Superbumi yang ditemukan para astronom.

Wahai Insan Manusia ( nasehat juga untuk aq sendiri !) , bijaksanalah memanfaatkan teknologi ini …

Tentang alifis

penyuka ilmu, baik yang remah2 atau terkuantisasi. penikmat hidup dalam aliran harmoni dan ketenangan.... penikmat tantangan dalam dinamisasi dan idealisasi....
Pos ini dipublikasikan di Relief Kehidupan dan tag , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Relief Dunia Maya : Lain Dunia, Bukan Dunia Lain

  1. zan berkata:

    Just like somebody I know. ‘Mendekatkan yg jauh, menjauhkan yg dekat’ I know how its feel… Hope he will be back soon. Miss him lot. Doanya ya…

  2. alifis berkata:

    @mbah guru : aq sangat sependapat dg mbah guru, setuju sekali…!!!

  3. mbah guru berkata:

    betul itu, mbah setuju.. gara2dunia maya bnyk yg jd sengsara.. Kitab dan kwajiban ditinggal, Suami dan anak gak terurus, Istri bunting ditinggal fb-an, browsingan, blogging an.. Atid ati d… Pekerjaan nyata menumpuk, pulsa hbs, psikologi terganggu,otak ngeres… Cucuku, dunia maya boleh aja karena ilmu luas disitu, tapi tengok dulu dunia nyatamu, adakah sudah terpuaskan oleh amalmu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s